≡ Menu

Home » Makanan Diet » Anggur Ternyata Dapat Membantu Anda…

Anggur Ternyata Dapat Membantu Anda Membakar Lemak!

WSC

DietCepatAlami.com – Anggur disukai banyak orang karena manisnya yang alami, sehingga banyak yang menjadikannya cemilan favorit. Tapi, siapa sangka bila di dalam buah ini ternyata mengandung senyawa yang mampu mendukung pembakaran lemak di tubuh Anda?

Ya, hal ini terungkap dalam sebuah studi yang diterbitkan pada Januari 2015 dalam Journal of Nutritional Biochemistry. Lantas, bagaimana sih cara anggur membantu tubuh Anda membakar lemak?

Manfaat Asam Ellagic di Dalam Anggur

Image credit: stylecraze.com

Image credit: stylecraze.com

Studi tersebut menunjukkan sebuah senyawa fitokimia antioksidan fenol yang terdapat pada keluarga anggur yang disebut dengan asam ellagic. Senyawa ini menjadi kunci dalam mengurangi lemak perut dan hati yang berbahaya, yang bisa menimbulkan obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

Di dalam sebuah tinjauan sains, penulis studi ini mencatat bahwa asupan harian asam ellagic 5 mg saja per kilogram berat badan ternyata berkaitan dengan kadar lemak 25% lebih rendah dan metabolisme gula darah yang lebih baik.

Ini berarti seseorang dengan bobot 68 kg perlu mengkonsumsi 340 mg asam ellagic untuk memperoleh manfaat di atas.

(Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan dengan Sayuran dan Buah)

Berapa Banyak Anggur yang Diperlukan?

Image credit: npr.org

Image credit: npr.org

Untuk mendapatkan asupan asam ellagic yang cukup setiap harinya, Anda jelas tak bisa mengandalkan anggur saja. Tapi, asam ellagic juga terkandung dalam beberapa jenis buah lainnya, sayuran, serta kacang-kacangan. Beberapa sumber asam allegic antara lain:

  • Beri hitam (63 mg per cangkir)
  • Jus pomegranate (43 mg per 250 ml)
  • Raspberi merah (3 mg per cangkir)
  • Jus muscadine grape (2 mg per 250 ml)
  • Kacang walnut (2 mg per ons)

Untuk itu, Anda perlu menjalankan diet seimbang agar asupan asam ellagic tercukupi. Di samping itu, asam ellagic juga tak bekerja sendiri dalam pembakaran lemak, melainkan sebagai bagian dari nutrisi kompleks pada makanan utuh. Oleh sebab itu, lebih baik kita mendapatkannya dari makanan daripada suplemen.

(Baca juga: 5 Makanan Pembakar Lemak yang Meningkatkan Metabolisme Tubuh Anda)

Alasan Lain Untuk Menyukai Anggur

Image credit: bobbyrica.com

Image credit: bobbyrica.com

Selain alasan di atas, beberapa studi juga mengungkapkan kebaikan lain dari buah anggur. Buah ini ternyata dapat mendukung metabolisme glukosa dan lemak agar lebih optimal. Hal ini jelas penting bagi mereka yang berpotensi mengidap diabetes.

(Baca juga: 7 Makanan Tinggi Karbohidrat yang Tergolong Sehat)

Beberapa Cara Menikmati Anggur ke Dalam Diet Anda

Image credit: chelseacrockett.com

Image credit: chelseacrockett.com

Cara paling mudah untuk menikmati anggur adalah dengan mencucinya sampai bersih dan memasukkannya ke dalam mulut Anda secara utuh. Dinginkan anggur dalam freezer untuk menjaga kesegarannya dan menjadikannya cemilan sehat pengganti permen dan es krim. Anda juga bisa menikmati anggur bersama salad, lho.

(Baca juga: 8 Makanan Sehat yang Diam-Diam Bisa Bikin Anda Lebih Gemuk)

Pilihan terbaik bagi Anda yang SERIUS Ingin Menurunkan Berat Badan & Menginginkan Tubuh Ideal!

Penelitian tentang pengaruh asam ellagic terhadap pembakaran lemak memang masih berupa langkah awal, perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kemampuannya secara pasti. Tapi yang kita pahami saat ini, anggur layak dimasukkan ke dalam diet Anda sebagai sumber nutrisi yang segar dan menyehatkan!