5 Alasan Untuk Menyukai Makanan Pedas

DietCepatAlami.com – Apakah Anda menggemari sambal tersaji dalam hidangan Anda? Bila iya, maka Anda patut bersyukur. Ternyata, ada sejumlah manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh dari makanan pedas yang Anda santap, lho!

Kira-kira, apa saja manfaat dari mengkonsumsi makanan pedas ini? Bila Anda tidak menyukai makanan pedas, mungkin Anda akan tertarik untuk mencobanya setelah membaca kebaikan-kebaikannya!

1. Membantu Mengurangi Nafsu Makan

Image credit: ralphsmart.com

Image credit: ralphsmart.com

Makanan pedas ternyata punya andil dalam mendukung diet Anda. Menurut penelitian, makanan pedas dapat membantu menurunkan nafsu makan Anda, termasuk rasa ngidam terhadap makanan berlemak, manis, dan asin.

Selain itu, perut Anda juga akan merasa lebih kenyang setelah mengkonsumsi makanan pedas. Sebuah studi yang diterbitkan tahun 2014 menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi makanan pedas ternyata mengalami peningkatan kepuasan dan rasa kenyang serta cenderung terhindar dari makan berlebihan.

(Baca juga: 5 Penyebab Nafsu Makan Tak Terkontrol dan Makan Berlebihan)

2. Meningkatkan Metabolisme

Image credit: mymedicalforum.com

Image credit: mymedicalforum.com

Makanan pedas tak hanya mengurangi nafsu makan, tapi juga meningkatkan laju metabolisme dalam membakar lemak. Berdasarkan ulasan pada Chemical Senses, cabai menaikkan temperatur tubuh Anda, yang mana dapat meningkatkan penggunaan energi.

Dalam sebuah studi pada tahun 2011 di Purdue University, 25 relawan diminta untuk memilih antara tidak mengkonsumsi cabai, konsumsi cabai sesuai selera, dan konsumsi cabai dengan porsi standar, sekitar setengah sendok teh. Hasilnya, mereka yang mengkonsumsi cabai dilaporkan mengalami pembakaran kalori lebih banyak.

(Baca juga: 5 Kiat Mudah Untuk Mendorong Metabolisme Anda)

3. Mendukung Kesehatan Jantung

Image credit: competitor.com

Image credit: competitor.com

Sistem kardiovaskuler kita memiliki saraf sensorik yang sensitif terhadap kapsaisin, yaitu senyawa yang terkandung dalam cabai, sehingga memungkinkan kapsaisin untuk mengatur sejumlah aspek pada sistem tersebut.

Zat ini membantu Anda menurunkan kadar kolesterol jahat, mengurangi tekanan darah, dan memperbaiki tanda-tanda gangguan metabolik yang menjadi faktor risiko dari penyakit jantung. Selain itu, kapsaisin juga kaya akan antioksidan dan berfungsi sebagai anti-inflamasi.

(Baca juga: Begini Cara Diet Rendah Kolesterol Jika Anda Gemuk!)

4. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Image credit: lifescript.com

Image credit: lifescript.com

Kabar bahwa kapsaisin dapat membahayakan organ pencernaan dan menyebabkan maag sebenarnya hanyalah mitos belaka. Kenyataannya, makanan pedas ternyata dapat membantu mencegah dan mengobati maag. Ini kapsaisin mampu membunuh bakteri H. pylori penyebab maag.

Bukan itu saja, kapsaisin juga punya manfaat lain, seperti stimulan pencernaan, meningkatkan penyerapan nutrisi, serta mendukung kesehatan usus.

(Baca juga: Mitos-Mitos Tentang Makanan Diet yang Tak Boleh Kamu Percaya Lagi!)

5. Membantu Anda Hidup Lebih Sehat

Image credit: foxnews.com

Image credit: foxnews.com

Di samping manfaat-manfaat di atas, kapsaisin dalam cabai juga bisa membantu Anda lebih sehat, bahkan memperpanjang umur Anda! Ini karena kapsaisin dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan mengelola diabetes.

Yang lebih mengejutkan lagi, para peneliti menemukan bahwa kapsaisin juga melindungi Anda dari risiko kanker dengan berbagai cara, antara lain dengan mematikan dan menghambat perkembangan sel kanker.

(Baca juga: Kenali 7 Gejala Kamu Mengkonsumsi Terlalu Banyak Gula)

Inilah cara kempiskan perut buncit secara sehat dalam hitungan hari saja!

Jadi, tertarik untuk menantang lidah Anda lewat makanan pedas? Jangan ragu karena manfaatnya segudang!