8 Trik Sederhana Untuk Mengurangi Porsi Makan Anda

8 Trik Sederhana Untuk Mengurangi Porsi Makan AndaDietCepatAlami.com – Keinginan untuk diet dan implementasinya lewat mengurangi porsi makan itu adalah dua hal yang berbeda. Nyatanya, tidak semudah itu anda bisa mengurangi porsi makan dan makan lebih sedikit karena apa dan berapa banyak yang kita makan dipengaruhi berbagai faktor, antara lain lingkungan tempat kita makan (di rumah atau di pesta), berapa banyak makanan yang dihidangkan, dan seberapa lapar kita.

Berita baiknya, anda sebenarnya bisa mengendalikan sejumlah faktor ini. Masalahnya hanyalah bagaimana membawa hal ini menjadi kebiasaan anda. Inilah delapan trik sederhana yang telah terbukti dapat membantu mengurangi porsi makan dan menjaga asupan kalori anda.

1. Nikmati setiap gigitan

Hindari makan sambil lalu alias makan sambil melakukan lain atau terburu-buru.  Seperti halnya anda berhenti sejenak untuk menikmati pemandangan atau aroma bunga di taman, kegiatan makan juga membutuhkan perhatian penuh pada setiap gigitannya. Otak anda bisa lebih menikmati makanan dan mengenali perasaan kenyang dan puas dalam tubuh sehingga anda bisa berhenti pada waktunya.

Aturlah sebuah timer dan mulailah dengan mencari tahu seberapa cepat anda makan. Anda akan kaget mengetahui sarapan atau makan siang anda cuma membutuhkan waktu antara 5-10 menit. Kemudian, cobalah tambahkan waktu setiap kali anda makan, sampai mencapai waktu 20 menit tiap kali makan.

2. Gunakan piring, mangkuk dan cangkir yang lebih kecil

Penelitian telah membuktikan bahwa menggunakan piring, mangkuk, dan peralatan makan lain yang lebih besar membuat porsi makan anda menjadi lebih banyak. Seperti halnya melukis, saat anda melihat kanvas yang besar, anda ingin memenuhinya dengan gambar dan warna, bukan?

Makanlah menggunakan piring dan mangkuk berukuran kecil untuk sehari-hari. Tanpa disadari, anda menghidangkan dan menyantap makanan dengan porsi yang lebih sedikit.

3. Sesuaikan ukuran porsi anda

Seberapa sering anda ngemil makanan ringan seperti keripik atau wafer kesukaan langsung dari bungkusnya? Padahal, Satu bungkus snack bisa mengandung beberapa porsi penyajian. Makan langsung dari bungkusnya bisa membuat asupan kalori anda tidak terkontrol.

Alih-alih ngemil langsung dari kotak atau kantongnya, tuang snack anda ke wadah yang lebih kecil sebelum memakannya sehingga tahu benar seberapa banyak yang anda makan. Simpan kantong besar berisi snack untuk dimakan lain kali.

4. Ketahui apa makanan favorit anda

Kita semua pasti mempunyai makanan favorit yang tak bisa kita hindari, makanan yang membuat kita tak bisa berhenti menggigitnya sebelum itu habis. Anda mungkin tidak bisa menolak makanan kesukaan, tapi anda bisa membuat daftar makanan kesukaan dan melakukan sesuatu untuk mencegah memakannya berlebihan. Cara mencegahnya bisa dengan menghindari perjumpaan dengan makanan-makanan ini, atau dengan mengurangi asupan kalori sehingga anda bisa menikmati makanan kesukaan ini di akhir hari.

5. Mencatat jurnal makanan anda.

Sebuah studi di Amerika Serikat menemukan bahwa orang-orang yang mencatat apa yang mereka makan bisa menurunkan bobot dua kali lebih banyak dibandingkan yang tidak mencatat makanannya. Menuliskan apa yang anda makan membantu memikirkan pilihan menu sehari-hari dan membantu anda mempertimbangkan apa yang akan dimakan selanjutnya.

Anda bisa membuat catatan kecil yang berisi menu yang dimakan, termasuk minuman dan cemilan. Meski anda tidak menuliskan jumlah kalori, lemak, dan karbohidratnya, daftar ini akan membuat perbedaan berarti.

6. Bagi porsi di piring anda dengan tepat

Jika anda terbiasa memperbanyak nasi di piring, lain kali pastikan bahwa sayuran memenuhi setengah bagian piring anda. Seperempat bagian lainnya diisi dengan sumber protein seperti daging, dan seperempat sisanya dengan nasi atau gandum utuh.

7. Mengenyangkan perut dengan protein

Protein memegang peranan penting untuk mengatur asupan makanan dan nafsu makan. Protein membantu meningkatkan rasa kenyang karena ia membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Jadi, anda bisa meningkatkan asupan protein pada menu sehari-hari untuk membuat anda merasa lebih kenyang.

8. Makan sarapan Anda

Satu penelitian mengungkapkan bahwa mereka yang rutin sarapan di awal hari memiliki body mass index yang lebih rendah dan mengkonsumsi total kalori lebih sedikit dibandingkan dengan yang tidak sarapan. Jika anda merasa tidak lapar di pagi hari, mulailah dengan porsi sarapan yang kecil.

Inilah cara kempiskan perut buncit secara sehat dalam hitungan hari saja!

Demikianlah delapan trik sederhana agar porsi makan dan kalori anda selalu terkontrol. Selamat mencoba!