≡ Menu

Home » Tips Diet » 7 Tips Diet Saat PMS

7 Tips Diet Saat PMS

WSC

DietCepatAlami.com – Sindrom pramenstruasi atau yang dikenal dengan istilah bekennya, PMS, adalah hal yang dialami banyak wanita. Gejala ini seringkali timbul sekitar satu atau dua minggu menjelang haid dan bisa mempengaruhi kondisi fisik dan psikis.

Karena PMS disebabkan oleh perubahan hormon dan senyawa kimia otak, para ahli percaya bahwa pola diet tertentu bisa membantu mengurangi gejalanya. Inilah beberapa tips diet saat gejala PMS mulai mendera Anda.

1. Perkaya Makanan Tinggi Kalsium Berkualitas

Imae credit: first.diet

Imae credit: first.diet

Sejumlah studi menemukan bahwa wanita dengan asupan kalsium dan vitamin D yang tinggi tidak mudah terserang PMS. Hasilnya lebih kuat ketika kalsium tersebut datang dari makanan dibandingkan dari suplemen. Hanya gunakan suplemen jika Anda memang kesulitan mendapatkan cukup kalsium.

Usahakan untuk mendapatkan setidaknya 1.200 mg kalsium dan 700 IU vitamin D setiap harinya. Konsumsi makanan tinggi kalsium seperti susu rendah lemak, keju, yogurt, dan susu kedelai. Selain itu, asupan kalsium yang tinggi jelas baik bagi kesehatan, termasuk kekuatan tulang Anda.

2. Jangan Melewatkan Sarapan dan Hidangan Lainnya

Image credit: womenshealthmag.com

Image credit: womenshealthmag.com

Gangguan hormon saat PMS bisa menimbulkan efek domino pada nafsu makan Anda. Makanya, jika terbiasa melewatkan sarapan atau kawan-kawannya, Anda akan merasa kelaparan yang berujung pada pola makan yang ngawur dengan asupan kalori yang tak terkendali. Tak hanya itu, emosi Anda juga makin tak terkendali.

Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya makanlah secara rutin pada waktunya. Tambahkan pula sedikit cemilan bila perlu di sela-sela hidangan.

(Baca juga: 4 Kesalahan Saat Sarapan yang Membuatmu Sukar Menurunkan Berat Badan)

3. Konsumsi Makanan Bergizi Lengkap dan Berserat Tinggi

Image credit; resveralife.com

Image credit; resveralife.com

Nikmati buah dan sayuran beraneka warna yang dapat memberikan nutrisi beragam. Selain itu, konsumsi juga sereal utuh seperti beras merah dan oat, bersama-sama dengan sumber protein rendah lemak.

Makanan-makanan di atas memberikan Anda cukup vitamin B1 dan B2 yang mampu menurunkan gejala PMS. Tapi, menjaga pola makan yang sehat sepanjang bulan tetaplah lebih baik dibandingkan dari mengubah pola makan hanya saat PMS saja.

(Baca juga: Pola Makan yang Paling Pas untuk Menurunkan Berat Badan)

4. Hindari Gula Berlebihan

Image credit: 2oceansvibe.com

Image credit: 2oceansvibe.com

Wanita yang sedang mengalami PMS cenderung mengkonsumsi gula lebih banyak. Ini terjadi karena perubahan tingkat hormon estrogen dan progesteronn yang menurunkan kadar serotonin yang mempengaruhi mood.

Faktanya, wanita yang sedang PMS bisa mengkonsumsi 200-500 kalori tambahan setiap harinya! Makanya, daripada beralih ke gula, lebih baik konsumsi sereal utuh.

(Baca juga: Kenali 7 Gejala Kamu Mengkonsumsi Terlalu Banyak Gula)

5. Batasi Garam

Image credit: emetabolic.com

Image credit: emetabolic.com

Hampir setiap makanan dalam kemasan mengandung garam, sehingga kita sukar sekali menghindari zat yang satu ini. Tapi, membatasinya sedikit dapat mengurangi rasa tidak nyaman akibat kembung dan retensi cairan di dalam tubuh Anda,

Untuk membatasi asupan garam, fokuslah pada makanan utuh dan kurangi makanan olahan. Jangan lupa pula untuk meminum lebih banyak air putih.

(Baca juga: Turun 8 Kg Dalam 13 Hari Lewat Diet Mayo)

6. Konsumsi Multivitamin

Image credit: gymaholic.co

Image credit: gymaholic.co

Selain dari pola makan sehat, gejala PMS juga bisa dikurangi lewat kombinasi olahraga, manajemen stres, dan suplemen. Bila perlu, konsumsi multivitamin harian yang mengandung vitamin B6, kalsium, vitamin D, dan magnesium.

Vitamin B6 dan magnesium mampu mengurangi perubahan mood, sementara magnesium dapat mengurangi retensi cairan.

(Baca juga: Suplemen Diet Itu Apa Sih?)

7. Pertahankan Gaya Hidup Sehat

Image credit: youqueen.com

Image credit: youqueen.com

Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa berat badan yang sehat bisa membantu mencegah PMS, sementara wanita yang kegemukan dan obesitas justru mudah mengalami gejala ini. Jadi, lakukan aktivitas fisik lebih sering untuk menjaga ukuran pinggang Anda dan melepaskan stres.

Untuk mengurangi stres, Anda bisa melakukan olahraga ringan, pernapasan, atau yoga. Merasa lelah juga menjadi salah satu tanda PMS. Makanya, dapatkan tidur yang cukup setiap hari.

(Baca juga; 8 Kebiasaan Sehat untuk Dapatkan Tubuh Langsing)

Pilihan terbaik bagi Anda yang SERIUS Ingin Menurunkan Berat Badan & Menginginkan Tubuh Ideal!

Nah, lewat kiat-kiat di atas, semoga Anda tak perlu lagi kuatir dengan gejala-gejala PMS, ya!