8 Makanan Untuk Mengecilkan Perut

Cara Mengecilkan Perut

Credit photo: blogspot.com

Menjaga pola makan dengan memilih makanan sehat yang tinggi serat dan protein serta rendah lemak, merupakan metode yang dapat membantu Anda untuk mengecilkan perut.

Seorang ahli diet dan diabetes di Blue Cross Blue Shield of Michigan, Rahmat Derocha, mengatakan bahwa selain berolahraga, kunci utama untuk memperoleh bentuk tubuh yang diinginkan terletak pada makanan yang kita konsumsi.

Saat masuk dalam tubuh, serat tidak dicerna oleh tubuh sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama. Dengan memperbanyak persediaan makanan yang mengandung serat, maka dapat membantu memperlancar pencernaan sekaligus memperkecil perut dan pinggang Anda.

Berikut ini adalah makanan yang harus Anda siapkan dan konsumsi sehari-hari.

1. Rasberry
Mungkin Anda pernah mencoba sirup frambozen? Sirup frambozen merupakan sari dari buah raspberry. Buah ini mengandung sejumlah besar antioksidan dan vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Tapi tahukah anda, meskipun ukurannya kecil, ternyata buah ini menjadi salah satu makanan nabati dengan kadungan serat paling tinggi. Sekitar 20% serat per berat total buah. Dengan mengonsumsi buah ini maka akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

2. Paprika
Mengonsumsi paprika sebelum makan dapat mempercepat metabolisme dan membantu membakar banyak kalori secara lebih cepat. Seorang pelatih kesehatan, Dr Lori L. Shemek, menyarankan Anda untuk mengonsumsi paprika kurang lebih 30 menit sebelum makan untuk meningkatkan metabolisme tubuh anda.

3. Kacang-Kacangan
Makanan yang kaya akan serat salahsatunya adalah kacang-kacangan, yang memiliki kandungan serat cukup tinggi adalah walnut, almond dan kacang mete. Studi menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi kacang-kacangan secara teratur akan lebih berpeluang menurun berat badannya. Makanan ini sangat cocok dijadikan cemilan bagi Anda yang sedang diet.

4. Gandum
Gandum adalah makanan pilihan bagi mereka yang serius menjalankan program diet. Makanan kaya serat ini dapat anda temukan pada roti gandum dan oatmeal. Dengan mengonsumsi olahan gandum setiap hari maka akan mengurangi kadar lemak pada bagian perut. Gandum ini juga berkhasiat menjaga kadar gula darah dalam tubuh, sehingga Anda tidak akan merasakan lapar secara tiba-tiba.

5. Alpukat
Buah dengan raasa yang manis ini juga bisa membantu mengecilkan perut Anda. Sekalipun manis, buah ini hanya mengandung sedikit gula, tidak mengandung pati tapi banyak mengandung serat. Terdapat sekitar 1,40 gram serat per 100 gram buah alpukat. Lemak tak jenuh yang terkandung dalam alpukat sangat mudah dicerna oleh tubuh, mengurangi kadar lemak jenuh/kolesterol, serta mampu meningkatkan hormon penunda lapar. Sangat disarankan untuk memasukkan makanan ini sebagai salah satu menu diet Anda.

6. Sayuran
Sayur-sayuran yang memiliki kandungan serat cukup tinggi dan bisa kita peroleh dengan mudah antara lain kembang kol, labu, bayam dan kentang. Sayuran merupakan sember serat yang bebas kandungan lemak dan sedikit kalori.

7. Yogurt
Yogurt adalah makanan yang sangat bermanfaat bagi sistem pencernaan. Anda juga bisa menjadikan yoghurt sebagai alternative untuk diet karena mengandung gizi yang sangat tinggi sedangkan kadar lemaknya rendah. Bakteri Lactobacillus bulgaricus yang terkandung di dalamnya juga mampu merangsang gerakan usus dan memperbaiki pencernaan.

8. Minyak Zaitun
Jika Anda termasuk orang yang mudah lapar, maka ada baiknya Anda mengonsumsi 2 sendok makan minyak zaitun 2 jam sebelum makan. Hal ini dapat meningkatkan konsentrasi hormon Leptin dalam darah sehingga dapat menekan rasa lapar dan membakar kalori dalam tubuh. Anda juga bisa mencampurkan sedikit minyak zaitun pada olahan makanan, misalnya pada yogurt dan oatmeal. Tidak hanya untuk diet, minyak zaitun ini juga bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Inilah cara kempiskan perut buncit secara sehat dalam hitungan hari saja!

Perut gendut Anda bisa saja disebabkan oleh terganggunya penyerapan dalam sistem pencernaan. Kebanyakan orang merasa susah mengecilkan perut. Padahal jika anda rutin mengonsumsi makanan yang kaya serat, maka tidak hanya rasa kenyang yang anda rasakan tetapi juga kesehatan pada sistem pencernaan Anda. (imo)