7 Makanan Tinggi Karbohidrat yang Tergolong Sehat

DietCepatAlami.com – Karbohidrat adalah salah satu sumber energi utama tubuh yang perlu Anda perhatikan asupannya dengan baik. Salah satu bentuknya adalah karbohidrat sederhana berupa gula yang jelas berdampak bagi kesehatan bila dikonsumsi berlebihan.

Tapi, jangan lantas menganggap semua karbohidrat itu sama. Serat adalah salah satu contoh karbohidrat yang sehat bagi Anda. Dalam berdiet, membatasi karbohidrat memang perlu, tapi Anda tak harus menghindarinya sama sekali.

Nah, bila Anda ingin asupan karbo yang seimbang dan tetap sehat. makanan-makanan mengandung karbo berikut ini layak Anda lirik.

1. Oat

Image credit: naturalsociety.com

Image credit: naturalsociety.com

Oat adalah salah satu jenis serealia utuh yang paling sehat. Makanan ini merupakan sumber beragam vitamin, mineral, dan antioksidan. Oat mentah mengandung 66% karbo dan hampir 11 persennya adalah serat. Dibanding serealia lainnya, oat juga mengandung lebih banyak protein.

Anda pasti sudah tahu manfaat oat bagi kesehatan jantung kadar gula darah. Hal ini telah didukung oleh sejumlah studi. Tak hanya itu, oat juga sangat mengenyangkan sehingga bisa membantu Anda menurunkan berat badan.

(Baca juga: 5 Manfaat Makan Oatmeal)

2. Pisang

Image credit: webmd.com

Image credit: webmd.com

Siapa yang gak kenal buah ini? Salah satu buah yang paling populer ini mengandung 23% karbohidrat dalam bentuk pati dan gula. Pisang yang masih hijau mengandung lebih banyak pati, yang akan berubah menjadi gula seiring menguning kulitnya.

Pisang juga kaya akan kalium, vitamin B6 dan C. Karena tinggi kalium ini, pisang berperan dalam menurunkan tekanan darah dan memperbaiki kesehatan jantung.

3. Ubi

Image credit: plussapp.com

Image credit: plussapp.com

Tak hanya lezat, ubi juga kaya akan serat. Ubi rebus mengandung sekitar 18-21% karbo yang terdiri dari pati, gula, dan serat. Makanan ini juga digenapi dengan tingginya vitamin A, vitamin C, dan kalium.

Anda juga mendapatkan manfaat antioksidan dari mengkonsumsi makanan ini, antara lain mengurangi kerusakan oksidatif dan risiko dari sejumlah penyakit.

4. Jeruk

Image credit: healthyfoodhouse.com

Image credit: healthyfoodhouse.com

Buah jeruk yang kaya cairan ini mengandung sekitar 11% karbo dan cukup serat. Buah ini menjadi salah satu sumber vitamin C favorit. Bukan itu saja, ia juga mengandung kalium, vitamin B, serta asam sitrat yang kaya manfaat.

Jeruk berkhasiat meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah batu ginjal.

5. Bluberi

Image credit: blueberrycouncil.org

Image credit: blueberrycouncil.org

Selain enak, bluberi juga memiliki beragam manfaat yang tak boleh diremehkan karena kaya akan senyawa nabati dan antioksidan. Buah ini sebagian besar terdiri dari air dan 14 persennya adalah karbo.

Buah ini juga tinggi vitamin dan mineral, seperti vitamin C, vitamin K, dan mangan. Menurut studi, bluberi membantu melindungi tubuh dari oksidasi dan juga memperbaiki daya ingat bagi lansia.

6. Grapefruit

Image credit: sparrowsblog.com

Image credit: sparrowsblog.com

Grapefruit bukan buah anggur, melainkan sejenis sitrus yang agak mirip jeruk bali. Rasanya manis, sedikit pahit, dan asam. Buah ini mengandung sekitar 9% karbo dan mengandung sejumlah vitamin, mineral, dan senyawa nabati.

Sejumlah studi telah membuktikan kemampuan grapefruit dalam menmbantu menurunkan berat badan dan mengurangi resistensi insulin. Buah ini juga mampu mencegah batu ginjal, menurunkan kolesterol, dan mencegah kanker usus besar.

7. Kacang Merah

Image credit: foodforliving.ie

Image credit: foodforliving.ie

Kacang merah merupakan salah satu jenis polong-polongan yang cukup populer di Indonesia. Kacang merah yang telah dimasak mengandung 22% karbo dalam bentuk pati dan serat. Makanan ini juga tinggi protein, lho!

Selain kaya vitamin dan mineral, kacang merah juga mengandung antioksidan antosianin dan isoflavon. Makanan ini ampuh untuk menjaga kadar gula darah dan mencegah kanker usus besar.

Inilah cara kempiskan perut buncit secara sehat dalam hitungan hari saja!

Nah, kini Anda makin tahu akan makanan-makanan berkarbohidrat yang sehat. Tinggal masukkan saja ke dalam menu diet Anda.