7 Hal Mengejutkan yang Membuat Anda Makan Berlebihan

7 Hal Mengejutkan yang Membuat Anda Makan BerlebihanDietCepatAlami.com – Saat ingin menurunkan berat badan, pola makan yang berlebihan atau overeating adalah salah satu musuh utama anda. Mau tak mau, anda mesti menjaga asupan kalori dari makanan yang dikonsumsi. Sayangnya, tak cuma rendahnya kemauan anda untuk diet, tapi beberapa jenis makanan, kebiasaan, bahkan pola diet secara mengejutkan juga dapat membuat anda makan berlebihan.

Hal-hal macam apa yang dapat membuat anda overeating dan mengancam program diet anda?

1. Pemanis Buatan

Di samping membuat makan dan minuman anda terasa lebih menggoda, pemanis buatan juga mengacaukan kemampuan tubuh untuk mengukur seberapa banyak yang seharusnya anda makan. Pemanis buatan itu sangat manis, berkisar antara 200 sampai 7.000 kali lebih manis dibanding gula pasir, tapi mengandung nol kalori.

Berdasarkan penelitian dari Purdue University, konsumsi pemanis buatan lambat laun akan melemahkan kemampuan tubuh anda untuk menghitung kalori berdasarkan tingkat kemanisan makanan. Itu berarti tubuh anda semakin sulit mengenali kapan ia seharusnya merasa kenyang dan kapan anda seharusnya berhenti makan.

2. Diet yang Sangat Ketat

Teorinya, diet ketat memang  dimaksudkan untuk menghindarkan anda dari makan yang berlebihan. Tapi prakteknya, diet macam ini justru memjadi pemicu overeating. Diet ketat yang sangat rendah kalori dapat memicu kelaparan dan nafsu makan secara biologis dan psikologis.

Tubuh manusia mengenali pembatasan makanan serta asupan kalori sebagai kelaparan. Jadi, bila anda melakukan diet ketat, otak memompa sinyal untuk mendapatkan asupan makanan dengan porsi ekstra andai anda mengalami kelaparan lagi. Akibatnya, anda bisa makan tak terkendali.

3. Substitusi Makanan Sehat

Saat berdiet, anda mungkin memutuskan untuk mengganti makanan yang biasanya dengan yang lebih sehat. Misalnya, mengganti keripik kentang dengan apel. Namun, kepuasan makan itu tak cuma berarti kenyang, tapi juga soal memenuhi keinginan untuk mendapatkan rasa dan tekstur tertentu. Inilah yang membuat anda terus menginginkan keripik kentang meski sudah makan apel.

Bukan berarti bahwa melakukan substitusi ke makanan sehat itu tidak baik. Tapi, anda bisa mengakalinya dengan makanan sehat yang memiliki tekstur dan rasa yang mirip, misalnya memakan kale chips atau cemilan sayur kale alih-alih keripik kentang.

4. Hormon yang Kurang Bekerja Normal

Masalah hormonal yang menjadi pemicu makan berlebihan tidak cuma dialami oleh wanita menjelang PMS saja. Peneliti dari Rutgers University menemukan bahwa kekurangan hormon GLP-1 dapat menyebabkan seseorang jadi makan berlebihan, terutama makanan yang tinggi kadar lemaknya. Hormon ini membantu mengatur sistem kepuasan di otak. Meski hal ini tidak dialami setiap orang, ini adalah bukti bahwa mengatur nafsu makan itu tak melulu soal tekad.

5. Kurang Tidur

Kurang tidur juga ternyata dapat memicu seseorang untuk terus makan. Hal ini terjadi karena produksi hormon leptin yang membuat anda merasa kenyang menurun, sementara produksi hormon ghrelin yang mendorong anda merasa lapar meningkat. Jadi, jika ingin diet anda berhasil, tidur yang cukup adalah salah satu kuncinya.

6. Olahraga

Ketika dilakukan dengan tepat, rutinitas latihan anda bisa membantu mengatur sinyal lapar tubuh dan membantu anda makan lebih sehat. Namun, banyak orang yang berpikir bahwa latihan membuat mereka bisa makan dengan porsi lebih. Ujung-ujungnya, kalori yang masuk justru lebih banyak daripada kalori yang dibakar selama latihan. Usai berolahraga, sebaiknya anda tetap makan dengan porsi yang wajar.

7. Makanan Rendah Lemak

Seperti halnya olahraga, miskonsepsi juga terjadi pada makanan rendah lemak. Banyak orang yang berasumsi bahwa makanan rendah lemak mengandung kalori 40% lebih sedikit dibanding makanan yang memiliki kandungan lemak penuh. Akhirnya, mereka memakan hampir dua kali lipat dibanding jika mereka memakan makanan versi lemak-penuh.

Makanan-makanan rendah lemak ini sebenarnya hanya mengandung kalori 11% lebih sedikit. Terlebih lagi, makanan olahan rendah-lemak ini seringkali mengandung gula dan natrium yang lebih tinggi yang dapat memicu overeating. Jadi, meskipun makanannya rendah-lemak, konsumsinya harus tetap dijaga.

Inilah cara kempiskan perut buncit secara sehat dalam hitungan hari saja!

Setelah mengetahui sejumlah pemicu overeating di atas, kini anda lebih paham bagaimana mengatasinya dan mengatur pola makan yang lebih baik demi diet yang berhasil. Semoga sukses.