≡ Menu

Home » Tips Diet » 6 Trik Menghalau Rasa Lapar Saat…

6 Trik Menghalau Rasa Lapar Saat Program Diet

WSC

DietCepatAlami.com – Salah satu musuh terbesar Anda saat diet adalah rasa lapar. Lapar membuat Anda gampang keliru mengambil keputusan, termasuk dalam memilih makanan sehat. Terlebih, rasa lapar juga bikin Anda gampang kesal dan marah-marah.

Banyak faktor yang mempengaruhi rasa lapar Anda—yang mana sebagian besar tak ada hubungannya dengan kebutuhan energi tubuh Anda. Nah, biar Anda mampu menghalau rasa lapar yang menghadang, lakukan saja beberapa trik berikut ini.

1. Tenangkan Diri Anda

Image credit: thehautemess.com

Image credit: thehautemess.com

Lelah dan stres bisa membuat perut Anda merasa lapar dan tergoda dengan junk food yang tak sehat. Tapi, ada cara yang terbukti ampuh untuk menghalau rasa lapar yang tak diinginkan ini. Meski terdengar bertentangan, mengeluarkan sedikit energi bisa membantu, lho.

Latihan yoga, nge-gym, bahkan berjalan kaki selama 10 menit bisa membantu mengalihkan rasa lapar yang “fiktif” tersebut. Jauhkan juga makanan dari pandangan Anda, sebab hal ini bisa bikin hati tergoda!

2. Rencanakan Hidangan Anda

Image credit: womensilab.com

Image credit: womensilab.com

Kalau Anda terbiasa makan tiga kali sehari, pertahankanlah kebiasaan baik itu. Sejumlah penelitian menunjukkan bila makan tiga kali sehari membantu Anda dalam menurunkan berat badan dan mengelola rasa lapar.

Tapi, akan lebih baik lagi bila Anda merencanakan setiap hidangan Anda dengan cermat. Selain pola makan yang lebih sehat, hal ini juga menghindarkan Anda dari godaan junk food ketika lapar. Sebab, rasa lapar membuat Anda mudah tergoda terhadap makanan tinggi kalori.

3. Jangan Melewatkan Sarapan

Image credit: eatthis.com

Image credit: eatthis.com

Studi terbaru yang diterbitkan pada British Journal of Nutrition mengkaji diet yang dilakukan oleh hampir 900 orang dewasa dan menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi cukup lemak, protein, dan karbohidrat di pagi hari merasa kenyang lebih lama dan mengkonsumsi lebih sedikit kalori di sisa hari tersebut.

Makanya, jangan sampai Anda melewatkan sarapan bila ingin menurunkan berat badan. Jadikan sarapan Anda sebagai hidangan yang paling besar dibandingkan makan siang dan malam.

4. Konsumsi Lebih Banyak Lemak Sehat

Image credit: popsugar.com

Image credit: popsugar.com

Jangan anti dulu dengan lemak, sebab ada lemak sehat yang baik bagi tubuh Anda. Lemak ini tak hanya mengenyangkan perut, tapi juga cenderung menonaktifkan proses penyimpanan lemak di tubuh Anda, lho. Anda bisa mendapatkan lemak sehat dari kacang-kacangan, minyak zaitun, Greek yogurt, dan alpukat.

5. Perbanyak Serat

Image credit: watchfit.com

Image credit: watchfit.com

Tubuh kita lambat mencerna makanan tinggi serat, sehingga nutrien yang satu ini tinggal lebih lama dalam perut Anda. Dengan mengkonsumsi lebih banyak serat, Anda akan merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Pastikan sayuran hijau, buah-buahan, dan sereal utuh selalu tersedia pada menu Anda.

Sebuah ulasan yang diterbitkan pada Journal of the American Dietetic Association menemukan hubungan antara asupan tinggi serat dengan massa tubuh yang lebih rendah, maupun penurunan risiko penyakit diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

6. Sertakan Sumber Protein di Setiap Hidangan

Perbanyak protein

Image credit: fashup.pk

Peneliti dari Purdue University meminta 46 wanita yang sedang berdiet untuk mengkonsumsi protein dalam jumlah tertentu, yaitu 30% atau 18% dari total asupan kalori mereka. Hasilnya, wanita yang mengkonsumsi lebih banyak protein merasa kenyang lebih lama dan tidak gampang lapar.

Sebagai tambahan, setelah lebih dari 12 minggu, wanita yang konsumsi proteinnya lebih banyak cenderung memiliki massa tubuh yang lebih langsing, yang mana sebagian terdiri dari otot pembakar kalori. Selalu sediakan sumber protein sehat seperti telur, ikan, dan polong-polongan ke dalam setiap hidangan Anda.

Pilihan terbaik bagi Anda yang SERIUS Ingin Menurunkan Berat Badan & Menginginkan Tubuh Ideal!

Nah, lewat sejumlah trik sederhana di atas, mudah-mudahan rasa lapar yang tak diundang tidak lagi menghampiri perut Anda. Selamat mencoba!