6 Tips Diet Sehat Untuk Remaja

6 Tips Diet Sehat Untuk Remaja

Image credit : www.thinkhealthyway.com

DietCepatAlami.com – Remaja adalah masa dimana tubuh akan mengalami banyak pertumbuhan. Untuk menunjangnya, seringkali kita mengkonsumsi banyak makanan bergizi. Namun terkadang, konsumsi makanan tersebut jadi tak terkontrol. Akhirnya, badan jadi tak hanya tumbuh ke atas, tapi juga ke samping dan depan.

Kalau badan sudah melar, tentunya kamu yang masih remaja akan merasa kurang pede. Satu-satunya cara untuk melangsingkan badan tentu saja dengan berdiet. Namun seringkali, anak-anak remaja kurang begitu memahami soal diet yang baik danbenar sesuai dengan usia mereka.

Nah, supaya dietmu aman bagi kesehatan dan tetap menunjang masa pertumbuhanmu, kamu perlu mengetahui tips diet yang tepat untuk remaja. Simak di sini yuk!

1. Jangan Lupakan Sarapan

jangan tinggalkan sarapan

jangan tinggalkan sarapan via www.momjunction.com

Sarapan itu penting, apalagi kalau kamu harus pergi ke sekolah. Kamu harus tetap mengisi perutmu dengan makanan-makanan bergizi agar tetap memiliki energi selama beraktivitas di sekolah.

Sarapan nggak harus dengan menu roti atau oatmeal saja kok. Kamu masih boleh bebas makan sarapan apa saja, dan akan lebih bagus lagi jika kamu menambahkan susu atau makanan berprotein lainnya sebagai penambah gizi.

Yang harus kamu ingat adalah usahakan untuk memilih menu sarapan yang bergizi dan nggak banyak mengandung minyak dan lemak.

2. Bawa Bekal Snack Diet ke Sekolah

Bekal snack diet

Bekal snack diet via www.fannetasticfood.com

Sudah pasti kamu akan sangat kesulitan menemukan makanan sehat dan dianjurkan untuk diet di kantin sekolahmu. Oleh sebab itu, kamu wajib untuk membawa bekal sendiri yang sudah terjamin kebersihan dan kesehatannya.

Bawalah bekal atau snack agar kamu tak tergoda untuk jajan sembarangan di sekolah. Kamu bisa membawa bekal salad buah atau snack diet seperti dried fruit, fruit bar, granola bar, dan sejenisnya.

3. Pilih Sandwich untuk Makan Malam

Sandwich untuk makan malam

Sandwich untuk makan malam via www.blickamabend.ch

Selain sarapan, makan malam juga jadi salah satu rutinitas yang sering dikorbankan. Banyak yang takut berat badan jadi naik dua kali lipat karena makan malam. Padahal hal itu nggak sepenuhnya benar.

Agar kamu tak mengkonsumsi kalori yang berlebihan pada malam hari, pilihlah sandwich sebagai menu makan malammu. Sandwich adalah pilihan makan malam yang tepat karena praktis dan mudah sekali dibuat, namun juga tetap sehat dan nggak banyak mengandung kalori.

Tapi ingat, jangan terlalu banyak menambahkan mayonnaise dan kejunya. Akan lebih baik juga jika kamu mengkonsumsinya setidaknya dua jam sebelum kamu tidur.

4. Sediakan Buah Segar Potong di Kulkas

BUah segar potong

BUah segar potong via www.thecupcaketheory.com

Untuk menghindari nyemil jajanan yang bikin badan cepat melar, kamu perlu minta bantuan dari orangtuamu. Mintalah ibumu untuk selalu menyediakan buah segar kupas di kulkasmu agar kamu tak tergoda untuk nyemil snacksnack ringan lainnya.

Buah-buahan ini sangat baik untuk diet dan  juga menunjang pertumbuhanmu. Serat yang terkandung dalam buah-buahan dapat membuatmu cepat kenyang sehingga tak ada lagi kesempatan untuk berpaling pada jajanan lain.

5. Lakukan Olahraga Cardiovascular

Olahraga

Olahraga via www.therakyatpost.com

Diet yang baik adalah diet yang diimbangi dengan olahraga, apalagi buat kamu yang masih muda. Olahraga sangat menunjang pertumbuhan tubuhmu sekaligus dapat membuat tubuhmu langsing sempurna.

Olahraga yang sangat dianjurkan saat berdiet adalah olahraga cardiovascular, seperti jalan cepat, basket, tenis, voli, futsal, dll. Bagi kamu yang masih sekolah, tentu hal ini bukan hal yang sulit bukan? Karena kamu bisa mengikuti ekstra kurikuler di sekolahmu secara rutin!

6. Hindari Diet yang Terlalu Ekstrim

Hindari diet ekstrim

Hindari diet ekstrim via www.freemalaysiatoday.com

Ingat dan selalu waspada, tujuanmu berdiet memang untuk menurunkan berat badan. Namun, jangan sampai kamu kehilangan berat badan yang terlalu ekstrim. Berat badan yang melorot drastic sangatlah tidak baik bagi tubuhmu.

Jangan pernah melakukan diet ekstrim karena itu dapat mengganggu semua sistem pada tubuh dan juga hormon pertumbuhanmu. Diet ekstim dapat menyebabkan kerontokan rambut secara ekstrim, sikulus menstruasi yang nggak teratur, dan kulitmu jadi tidak sehat.

Inilah cara kempiskan perut buncit secara sehat dalam hitungan hari saja!

Turunkan berat badanmu secara perlahan tapi pasti. Tak usah terburu-buru, yang terpenting targetmu selalu tercapai. Dan ingat, selalu utamakan kesehatanmu ya!