6 Pertanda Ini adalah Petunjuk Bahwa Kamu Harus Segera Berhenti Diet!

6 Pertanda Ini adalah Petunjuk Bahwa Kamu Harus Segera Berhenti Diet!DietCepatAlami.com – Menurunkan berat badan memang butuh banyak perjuangan, salah satunya adalah dengan melakukan diet. Ada bermacam-macam program diet yang menjanjikan dapat menurunkan berat badan dengan cepat dan tanpa menyiksa.

Selama diet tersebut tidak menyalahi aturan dan menyiksa diri sendiri, sudah pasti itu aman untuk kamu jalani. Namun sayangnya, kita seringkali tidak peduli dengan informasi-informasi penting mengenai diet sehingga kita sendiri sering melakukan kesalahan-kesalahan fatal saat berdiet.

Ketidaktahuan mengenai diet ini bisa berakibat menyiksa diri sendiri lho. Sedangkan pada dasarnya diet diciptakan bukan untuk menyiksamu. Nah, jika selama menjalani program diet kamu merasakan hal-hal berikut, maka itu tandanya kamu harus segera berhenti sekarang juga!

1. Berat badanmu naik turun tajam dan tak menentu

Berat badan naik turun

Berat badan naik turun via www.a57.foxnews.com

Jika berat badanmu naik turun tajam dan tak menentu, itu bisa berarti bahwa diet yang kamu lakukan sekarang tidak efektif dan kurang cocok denganmu. Hal itu bisa saja disebabkan karena kamu terlalu sering berganti-ganti metode diet.

Sering berubahnya metode diet yang kamu terapkan dapat membuat tubuhmu stress karena kebingungan untuk menyesuaikan diri. Jika sudah seperti ini, lebih baik kamu stop dahulu dari segala sesuatu yang berhubungan dengan diet hingga berat badanmu kembali normal dan stabil.

2. Terus menerus memikirkan makanan yang boleh dan tak boleh kamu makan

terlalu pusing memikirkan akanan yang boleh dan tidak

terlalu pusing memikirkan akanan yang boleh dan tidak via www.geneticaebenessere.com

Pada dasarnya, diet adalah mengatur pola makan supaya tubuh lebih sehat dan tak menimbun banyak lemak. Memang kita harus memperhatikan asupan makanan, berapa kalori yang harus kita konsumsi dalam sehari. Namun, jika kamu terlalu pusing dan stress hanya karena memikirkan makanan yang harus kamu makan, lebih baik kamu hentikan dulu.

Diet tak seharusnya membuatmu bingung memilih makanan. Oleh karena itu, sebelum memulai diet kamu harus benar-benar belajar bagaimana metode dan cara pengaplikasiannya agar saat eksekusi kamu jadi tidak terlalu stres.

3. Terlalu banyak aturan dalam berdiet

Terlalu banyak aturan dalam diet

Terlalu banyak aturan dalam diet via www.passionfood.cz

Mungkin pada awalnya, esensi utama dari diet yang kamu jalankan sebenarnya simple dan mudah untuk dipraktikkan. Seperti contohnya, batas maksimal konsumsi kalori per hari hanya 1.800 saja. Namun karena kamu terlalu ambisius, maka kamu menambahkan aturan-aturan lain yang justru menyiksa. Melewatkan sarapan, Nggak boleh ngemil itu, Cuma boleh makan ini aja, nggak boleh makan lewat dari jam sekian, dll.

Terlalu berjibun aturan-aturan pastinya akan membebani otakmu sehingga kamu sendirinya tak akan nyaman. Olehnya itu saat kamu merasa stres, kamu akan melakukan pelampiasan yang tak terkontrol yang malah justru membuat berat badanmu naik pesat.

4. Kamu mulai tertekan dan sulit menikmati hidup

Kamu mulai sulit menikmati hidup

Kamu mulai sulit menikmati hidup via www.static.origos.hu

Gara-gara kebanyakan aturan makan kamu jadi melewatkan banyak sekali hal-hal yang bisa membuatmu bahagia dan menikmati hidup. Hanya karena kamu menghindari supaya tak makan makanan “terlarang”, kamu memilih untuk tidak menghadiri acara kumpul-kumpul bareng teman, traveling, pesta ulang tahun sahabat, atau kegiatan fisik lain.

Padahal, kegiatan-kegiatan tersebutlah yang dapat membuat hidupmu semakin menyenangkan. Jika kamu merasakan hal seperti ini, bisa dibilang kamu telah merasa tertekan dan mulai tak bisa menikmati kehidupanmu sendiri. Ini tandanya kamu harus segera berhenti sejenak.

5. Kamu sangat khawatir jika berat badan naik

Kamu sangat khawatir jika berat badan naik

Kamu sangat khawatir jika berat badan naik via www.shajgoj.com

Kamu mulai mendewakan yang namanya berat badan. Segala sesuatu yang kamu pikirkan dan lakukan akan selalu berujung pada berat badanmu. Bahkan, hal pertama yang kamu pertanyakan ketika bangun tidur di pagi hari adalah

“Hari ini berat badanku turun berapa ya?”

Segeralah hentikan sejenak program menurunkan berat badanmu dan segeralah berintrospeksi untuk sementara waktu. Pahami bahwa badan yang langsing itu bukanlah tujuan hidupmu yang paling utama. Kamu tak akan serta merta jadi orang paling bahagia ketika berat badanmu turun.

Yang terpenting adalah kamu melakukan diet yang sehat serta tak menyiksa kehidupanmu. Jika kamu sudah melakukan dengan benar, kamu akan mendapatkan hasil yang memuaskan kok.

6. Kamu merasa tak bebas dalam menjalani hidup

Kebahagiaanmu terampas oleh diet

Kebahagiaanmu terampas oleh diet via www.copilul.ro

Tanyakan pada hati nuranimu, apakah gaya hidup barumu selama menjalani diet ini membawa dampak yang baik bagi kehidupanmu? Ataukah justru membuatmu menjadi orang yang kurang bebas dan dan tak bisa menikmati hidup seperti orang-orang normal pada umumnya?

Makanan maupun minuman sudah sepatutnya menjadi sesuatu yang harus kamu nikmati tanpa adanya rasa bersalah. Jika kamu tak menemukan hal yang menyenangkan dalam menjalankan diet, berarti ada sesuatu yang salah dan harus segera kamu hentikan.

Inilah cara kempiskan perut buncit secara sehat dalam hitungan hari saja!

Itulah tanda-tanda jika diet yang kamu jalankan harus segera kamu hentikan. Memang ada beberapa hal yang harus dipertaruhkan dan diperjuangkan. Tapi, jika sampai hal tersebut membuatmu tertekan dan justru membuatmu tak nyaman dalam menjalani hidup, untuk apa lagi kamu teruskan? Lebih baik cari jalan lain yang lebih baik untukmu!