6 Makanan yang Membuatmu Nggak Gampang Lapar dan Kenyang Lebih Lama!

6 Makanan yang Membuatmu Nggak Gampang Lapar dan Kenyang Lebih Lama!

Image credit : www.soylution.co.id

DietCepatAlami.com – Saat menjalani diet, kamu memang harus pintar-pintar memilih makanan. Bukan hanya sekadar sehat, tapi kamu juga harus bisa mencari alternatif makanan sehat yang juga dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama.

Kendala terbesar bagi orang-orang diet adalah menahan rasa lapar yang seringkali menggoda. Nah, untuk mengatasi rasa lapar yang suka datang dan pergi seenaknya ini, cobalah untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung tingkat kekenyangan yang tinggi. Nah, berikut adalah beberapa contohnya!

1. Oatmeal

Oatmeal

Oatmeal via www.professionalmoron.com

Sereal sehat yang terbuat dari biji oat ini memang sepertinya sudah menjadi barang wajib bagi kamu yang sedang menjalani diet. Tak hanya bebas kolesterol dan rendah kalori, oatmeal juga ternyata mengandung serat yang sangat tinggi yang disebut dengan beta-glucan.

Serat tinggi beta-glucan inilah yang membuat oatmeal termasuk ke dalam jenis makanan yang mengenyangkan karena sifatnya mudah sekali larut dan menyerap air. Beta-glucan inilah juga ternyata dapat melepaskan hormon yang dapat membuatmu merasa kenyang dan menghambat rasa lapar.

2. Telur

Telur mengenyangkan

Telur mengenyangkan via www.food.com

Kita semua pastinya sudah tahu jika telur adalah salah satu bahan makanan yang mengandung protein tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika dihitung, pada satu buah telur kira-kira terdapat sekitar 6 gram protein dan 9 asam amino esensial. Banyak bukan?

Meski bentukya kecil, nyatanya telur dapat mengganjal perutmu dalam kurun waktu yang relatif lama. Ini dikarenankan telur memiliki skor SI yang tinggi sehingga cepat membuat kita kenyang. Bila kamu kesulitan untuk mengurangi asupan kalori per harimu, coba deh konsumsi telur!

3. Kentang Rebus

Kentang rebus

Kentang rebus via www.mcpaintanddesign.tumblr.com

Kentang memang salah satu bahan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Tapi tenang saja, karena kentang kaya akan mineral, vitamin dan senyawa protein yang disebut dengan P12. Jenis protein tersebut diketahui efektif menekan nafsu makan.

Tapi, yang harus kamu ingat adalah cara penyajianannya. Jangan mengkonsumsi kentang goreng karena itu termasuk junk food yang justru nggak akan bikin kamu kenyang tapi malah bikin kolesterolmu bertambah. Masaklah kentang dengan cara direbus hingga benar-benar matang.

Kamu tak perlu repot-repot mengupas kulitnya ya, karena ternyata kentang rebus yang nggak dikupas memiliki skor SI yang sangat tinggi, yakni sebanyak 323!

4. Apel

Apel mengandung banyak serat

Apel mengandung banyak serat via www.livianito.com

Buah ini memamng sangat terkenal dengan kandungan seratnya yang tinggi dan rendah kalori. Apel juga dilengkapi dengan protein, vitamin, dan mineral yang dapat memenuhi asupan gizi harian sehingga buah ini akan selalu jadi andalan bagi para pegiat diet!

Kamu boleh memakan apel sebanyak yang kamu mau karena apel sudah pasti nggak akan bikin berat badanmu naik! Makanlah apel dalam bentuk buah, bukan dalam bentuk jus. Setiap kali timbul hasrat untuk nyemil, cobalah untuk makan apel terlebih dahulu karena kamu akan merasa kenyang lebih dulu sehingga keinginan untuk nyemil akan berkurang.

5. Yogurt Yunani

Yogurt yunani

Yogurt yunani via www.newsvoice.gr

Yogurt memang salah satu menu makanan yang disarankan untuk dikonsumsi saat sedang diet. Nggak cuma rendah kalori saja, yogurt juga mengandung probiotik yang mengandung bakteri baik yang dapat menjaga kesehatan ususmu sehingga pencernaanmu jadi lebih lancar!

Namun, bila kamu selama ini terbiasa mengkonsumsi yogurt biasa, coba deh untuk menggantinya dengan yogurt yunani atau yang biasa disebut greek yogurt. Greek yogurt ini memiliki tekstur yang lebih kental dan memiliki kandungan protein yan jauh lebih tinggi.

6. Ikan

Ikan mengandung banyak protein

Ikan mengandung banyak protein via www.restu.cz

Berdasarkan hasil dari riset dan penelitian, dibandingkan makanan sumber protein hewani lainnya, seperti daging ayam, telur, dan daging sapi, ternyata ikan memiliki efek mengenyangkan yang lebih kuat.

Daging ikan mengandung protein hewani dan asam lemak omega 3 yang tinggi dimana penting bagi tubuh kita. Dan kedua komponen penting inilah yang membuat ikan menjadi salah satu bahan pokok makanan yang memiliki skor SI yang tinggi, yaitu di peringkat ke dua.

Inilah cara kempiskan perut buncit secara sehat dalam hitungan hari saja!

Yuk, tekan nafsu makanmu yang berlebihan dengan cara mengkonsumsi bahan-bahan makanan yang bisa membuatmu merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama seperti makanan-makanan di atas. Dengan begitu, kamu jadi nggak gampang lapar!