6 Kebiasaan Baik yang Harus Dipertahankan untuk Berat Badan Ideal

6 Kebiasaan Baik yang Harus Dipertahankan untuk Berat Badan Ideal

6 Kebiasaan Baik yang Harus Dipertahankan untuk Berat Badan IdealDietCepatAlami.com – Perubahan yang drastis bisa saja dilakukan untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Tapi, bila bicara tentang kesehatan untuk jangka waktu lama, kebiasaan baik yang dilakukan sehari-harilah yang jauh lebih berperan. Memilih tangga daripada lift atau sering makan sayur dan buah, misalnya. Perubahan-perubahan kecil itulah yang dapat membuat perubahan yang signifikan dan tahan lama bagi berat badan Anda.

Lantas, kebiasaan-kebiasaan baik seperti apa ya yang bisa membantu Anda mempertahankan berat badan ideal? Mari intip lewat artikel ini.

1. Menyesap Anggur Merah

Anggur merah, baik dalam bentuk wine maupun jus, ternyata mampu membantu Anda menjaga berat badan, lho. Berdasarkan penelitian dari Oregon State University, mereka yang mengkonsumsi satu gelas red wine atau jus anggur merah membakar lemak lebih banyak dari mereka yang tidak meminumnya.

Ini terjadi karena kandungan asam ellagic, sejenis fenol antioksidan yang terkandung pada anggur merah mampu memperlambat pembentukan dan perkembangan sel lemak, sekaligus meningkatkan metabolisme asam lemak pada hati. Berita baik untuk Anda yang doyan minum anggur. Tapi, cukup segelas kecil saja sehari, ya.

2. Berjemur Matahari

Menikmati matahari pagi mempunyai manfaat kesehatan yang sangat beragam. Salah satunya membantu Anda menjaga berat badan. Seperti studi pada PLoS ONE, berjemur matahari membantu mengurangi nafsu makan dan memperbaiki suasana hati Anda. Menggunakan alat pengukur paparan sinar matahari, mereka yang berjemur selama 15-20 menit sehari memiliki BMI atau indeks massa tubuh yang lebih rendah dibanding mereka yang tdak.

3. Banyak Minum Air Dingin

Meningkatkan asupan air harian Anda memang sangat disarankan. Namun bila Anda ingin menurunkan berat badan, air dingin lebih efektif. Para peneliti asal Jerman menemukan bahwa mereka yang meminum sampai dengan 6 gelas air dingin per hari metabolismenya meningkat sampai 12 persen.

Pada ahli beranggapan, tubuh Anda mesti bekerja lebih keras untuk menghangatkan air yang diminum sebelum dicerna. Meski hal ini tampak remeh, cara ini bisa membantu Anda menurunkan berat badan secara perlahan.

4. Tidur Dalam Kegelapan Total

Tidur dengan lampu menyala atau bahkan sekadar pendaran cahaya dari ponsel Anda ternyata dapat membuat Anda lebih gemuk. Seperti hasil penelitian yang dilakukan oleh Ohio State University, tikus yang tidur dengan lampu redup jam biologisnya berubah dan kehilangan kemampuan untuk tidur nyenyak. Ini menyebabkan nafsu makan mereka bertambah dan membuat berat badan mereka meningkat 50 persen dibanding yang tidur dalam kegelapan total. Nah, saatnya mematikan semua lampu Anda sesaat sebelum beranjak tidur.

5. Makan Siang Lebih Awal

Jangan menunda makan siang sampai lapar tiba. Peneliti dari Spanyol menemukan bahwa wanita dengan obesitas yang makan siang di atas jam 3 sore berat badannya berkurang 25 persen lebih sedikit dibanding mereka yang makan siang lebih awal. Meski kedua kelompok tersebut memakan makanan yang sama dengan jumlah kalori yang sama pula, mereka yang makan lebih awal berat badannya berkurang 5 pon lebih banyak. Menunggu makan pada saat kelaparan hanya membuat Anda makan lebih banyak.

6. Membincangkan Makanan Anda

Membahas resep yang Anda temukan di internet, menceritakan apa yang Anda buat untuk makan malam, atau menulis jurnal makanan membantu Anda menyingkirkan kelebihan berat badan. Alasannya sederhana, ketika Anda mengingat apa yang sebelumnya Anda makan, Anda akan menjadi lebih selaras dengan sinyal lapar dari tubuh Anda. Sebuah studi dari Universitas Oxford membuktikan bahwa orang yang mengingat detil makanan mereka sebelumnya, makan lebih sedikit pada jam makan saat ini.

Jadi, sudah berapa banyak dari kebiasaan baik di atas yang sudah Anda lakukan? Terus lakukan untuk berat badan yang ideal. Semoga berhasil!