5 Penyebab Nafsu Makan Tak Terkontrol dan Makan Berlebihan

5 Penyebab Nafsu Makan Tak Terkontrol dan Makan Berlebihan

5 Penyebab Nafsu Makan Tak Terkontrol dan Makan Berlebihan

Image credit : www.wartabuana.com

DietCepatAlami.com – Pernahkah kamu merasa nafsu makanmu begitu besar, sehingga kamu tak pernah merasa kenyang dan tak henti-hentinya untuk makan apapun yang kamu inginkan? Nafsu makan yang begitu besar memang berakibat pada pola makan yang nggak terkendali, efek paling umum yang terjadi adalah berat badan jadi mudah sekali naik.

Kalau kebiasaan seperti ini hanya sesekali saja terjadi sih nggak masalah. Tapi apa jadinya kalau ini hampir setiap hari kamu rasakan? Wah, tentu saja berat badan dan bentuk idealmu akan jadi korbannya. Lantas, apa sih penyebab kebiasaan suka makan berlebihan dan nggak terkendali ini?

1. Kurang Asupan Protein

Kurang asupan protein

Kurang asupan protein via www.nusciencefood.com

Porsi makanmu terbilang sangat banyak, tapi ternyata kamu juga tak kunjung merasa kenyang. Kemungkinan besar penyebabnya adalah makanan yang kamu konsumsi kurang mengandung protein.

Perlu untuk kamu ketahui bahwa kebutuhan tubuh akan protein itu sangatlah tinggi. Tubuh tidak akan merasa puas dan kenyang selama kebutuhan proteinnya tidak tercukupi dengan baik, akibatnya kamu jadi cenderung makan banyak.

Nah, cara terbaik supaya kamu nggak cepat merasa lapar dan nggak mengkonsumsi makanan dengan porsi yang besar, pilihlah makanan yang mengandung protein tinggi. Dijamin kamu akan merasa cepat kenyang dan nggak akan makan secara berlebihan.

2. Konsumsi Gula yang Berlebihan

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis via www.mrfooddesign.co.uk

Apakah kamu suka sekali makanan atau minuman yang manis-manis? Tahukah kamu jika kadar gula yang tinggi bisa bikin kamu cepat lapar dan memicumu untuk banyak makan? Ya, makanan manis ini mengandung gula yang sangat tinggi.

Kadar gula yang tinggi menyebabkan insulin dalam tubuh cepat sekali naik. Namun, kadar gula ini juga bisa cepat sekali turun, dan pada saat itulah tubuh akan merasa lapar kembali. Dan keadaan seperti inipun akan terjadi berulang kali pada tubuhmu, karena rasa manis ini dapat menimbulkan adiksi.

3. Melampiaskan Emosi dengan Makanan

Melampiaskan emosi dengan makan

Melampiaskan emosi dengan makan via www.ofpof.com

Apakah kamu salah satu tipe orang yang suka sekali melampiaskan berbagai rasa emosi dalam hati dengan cara makan? Ketika sedang sedih, galau, bosan, senang, apapun itu, kamu larinya pasti ke makanan. Tak heran jika kamu punya kebiasaan makan yang berlebihan dan nggak terkontrol.

Jika emosimu disalurkan hanya dengan cara makan apapun yang kamu suka, akibatnya kamu jadi overeating. Tahu-tahu berat badanmu udah naik beberapa kilo saja dalam seminggu.

Untuk mengakalinya, lebih baik sekarang alihkan perhatian dan arahkan emosimu ke hal-hal lain seperti jalan-jalan atau olahraga. Pastinya ini bisa bikin berat badan idealmu tetap terjaga.

4. Lingkungan Sehari-Hari

Terpengaruh lingkungan

Terpengaruh lingkungan via www.imujer.com

Perhatikan lingkungan sekitarmu sehari-hari, apakah keluarga dan teman-teman dekatmu punya kebiasaan makan yang berlebihan? Kalau iya, kemungkinan besar kebiasaanmu yang banyak makan itu karena ketularan mereka, lho!
Ya, lingkungan selalu saja punya andil besar dalam mempengaruhi kebiasaanmu. Hal ini dapat mempengaruhi alam bawah sadarmu, dan mempengaruhi untuk mengikuti kebiasaan-kebiasaan tersebut.

Bukan berarti kamu harus menjauhi mereka lho! Cara untuk mengatasi ini adalah dengan memiliki kesadaran dan kontrol yang tinggi. Mulai biasakan diri untuk makan sesuai dengan porsi kebutuhanmu, dan tetap berusaha mencari cara untuk tidak mudah terpengaruh dan tergoda!

5. Makan Sambil Melakukan Aktivitas

Makan sambil kerja atau nonton tv

Makan sambil kerja atau nonton tv via www.jobcrusher.com

Meski terkesan sepele, ternyata makan sambil melakukan aktivitas seperti nonton televisi, baca buku, browsing internet melalui laptop atapun ponsel dapat menyebabkan overeating!

Berdasarkan penelitian, orang-orang cenderung makan 50 persen lebih banyak ketika mereka terdistraksi oleh sesuatu. Yup, saat kamu makan tapi konsentrasimu teralihkan pada hal lain, akan membuat otakmu terganggu dan tidak merasa bahwa kamu telah makan.

Kalau otakmu saja nggak merasakan adanya makanan yang masuk, bagaimana otak dapat merespon rasa kenyang dari perut? Oleh sebab itu, ketika kamu makan alangkah lebih baik jika kamu fokus saja pada makananmu, dan jauhkan dirimu dari televisi, games, buku, ataupun gadget supaya kamu benar-benar menikmati makanan dan bisa merasa kenyang dengan sempurna.

Nah, itulah tadi beberapa faktor penyebab seseorang makan terlalu berlebihan. Ternyata, beberapa penyebabnya adalah hal yang cukup sepele. Jadi, jangan pernah sepelekan kebiasaan-kebiasaan kecil ya, karena dampaknya dapat membuat berat badan idealmu jadi hancur berantakan.