≡ Menu

Home » Makanan Diet » 5 Mitos Tentang Waktu yang Tepat…

5 Mitos Tentang Waktu yang Tepat Mengkonsumsi Buah

WSC

DietCepatAlami.com – Anda gemar makan buah? Tahukah Anda kapan waktu yang tepat untuk mengkonsumsinya? Jawaban Anda mungkin beragam, karena ada begitu banyak informasi yang beredar di internet.

Namun ada pula sejumlah informasi keliru yang beredar, termasuk tentang kapan sebenarnya waktu yang tepat mengkonsumsi buah. Inilah beberapa mitos yang telah diluruskan oleh ilmu pengetahuan.

Mitos #1: Konsumsi Buah Harus pada Saat Perut Kosong

Image credit: eatthis.com

Image credit: eatthis.com

Ini adalah salah satu mitos yang cukup populer. Mitos ini menyatakan bahwa memakan buah bersama hidangan lain bisa menghambat pencernaan dan membuat makanan membusuk di perut. Konon, hal ini juga menyebabkan timbulnya gas, rasa tidak nyaman, dan berbagai gejala lain.

Memang, serat dalam buah bisa sedikit memperlambat pencernaan, tapi tak sampai membuat makanan berdiam di perut hingga membusuk. Jadi, klaim di atas tidaklah benar.

Konsumsi buah sambil makan justru memberi manfaat, yaitu membuat Anda lebih kenyang dan memangkas kalori.

Mitos #2: Konsumsi Buah Sebelum/Sesudah Makan Mengurangi Nutrisinya

Image credit: mamashealth.com

Image credit: mamashealth.com

Mitos ini merupakan perluasan dari mitos pertama. Konon, agar seluruh nutrisinya bisa diserap, kamu harus makan buah dalam keadaan perut kosong. Bila tidak, nutrisinya akan hilang atau berkurang.

Faktanya, tubuh manusia sudah beradaptasi untuk menyerap nutrisi secara efisien. Usus halus Anda telah dilengkapi dengan fungsi untuk menyerap nutrisi sebanyak mungkin, dengan panjang enam meter dan luas penyerapan hingga 30 meter persegi!

Mitos #3: Pengidap Diabetes Harus Mengkonsumsi Buah 1-2 Jam Sebelum/Setelah Makan

Image credit: fruitgaloreuk.co.uk

Image credit: fruitgaloreuk.co.uk

Mitos ini berawal dari anggapan bahwa pengidap diabetes sering mengalami masalah pencernaan, sehingga konsumsi buah secara terpisah konon mampu memperbaiki pencernaan tersebut.

Padahal, tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa makan buah di luar jam makan bisa memperbaiki pencernaan. Sebaliknya. gula yang terdapat pada buah justru terserap ke dalam aliran darah lebih cepat. Inilah yang justru harus dihindari oleh pengidap diabetes.

Alih-alih makan buah secara terpisah, penderita diabetes sebaiknya mengkonsumsi buah sambil makan atau sebagai kudapan yang disandingkan dengan makanan tinggi protein, serat, dan lemak. Protein, lemak, dan serat membuat pelepasan makanan ke usus halus menjadi lebih perlahan, sehingga penyerapan gula pun lebih lambat.

Mitos #4: Waktu Terbaik Konsumsi Buah Adalah Sore Hari

Image credit: cosmopolitan.co.uk

Image credit: cosmopolitan.co.uk

Mitos ini mengklaim bahwa metabolisme Anda melambat setelah siang hari, sementara konsumsi makanan tinggi gula seperti buah meningkatkan kadar gula darah dan “membangunkan” sistem pencernaan Anda.

Faktanya, semua makanan yang mengandung karbohidrat akan meningkatkan kadar gula darah selama glukosanya diserap, tak peduli kapan waktunya. Sistem pencernaan juga tak perlu “dibangunkan”, karena ia selalu siap beraksi begitu lidah Anda mengecap makanan. Berdasarkan itu, buah bisa Anda nikmati kapan saja.

Mitos #5: Tidak Boleh Makan Buah Setelah Jam 2 Siang

authoritynutrition.com

authoritynutrition.com

Mitos ini berlawanan dengan mitos sebelumnya. Ia menganggap bahwa makan buah (atau karbohidrat lainnya) setelah jam 2 siang meningkatkan kadar gula darah yang tidak bisa distabilkan oleh tubuh sebelum tidur dan membuat berat badan naik.

Seperti yang sudah ditekankan sebelumnya, tidak ada batasan yang terbukti secara ilmiah, kapan Anda sebaiknya tidak makan buah. Lagipula, tubuh Anda tidak serta merta memasuki mode menyimpan lemak saat tidur; ia tetap membakar kalori, hanya saja laju metabolismenya memang menurun.

Selain tidak ada bukti bahwa makan buah setelah jam 2 siang berhubungan dengan kenaikan berat badan, banyak bukti ilmiah yang justru menunjukkan bahwa orang yang banyak mengkonsumsi buah dan sayur sepanjang hari cenderung lebih langsing dan jarang mengalami kenaikan berat badan.

Pilihan terbaik bagi Anda yang SERIUS Ingin Menurunkan Berat Badan & Menginginkan Tubuh Ideal!

Nah, setelah memahami fakta dibalik mitos-mitos tersebut, mudah-mudahan Anda makin rajin makan buah!