5 Manfaat Makan Oatmeal

5 Manfaat Makan Oatmeal

5 Manfaat Makan OatmealOatmeal merupakan makanan sumber karbohidrat yang kaya serat. Makanan ini dapat dijadikan alternatif pengganti nasi sehingga sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Oatmeal juga dikenal sebagai makanan sehat untuk jantung. Untuk lebih jelasnya, simaklah uraian berikut ini.

1. Mengontrol berat tubuh
Kandungan serat yang sangat tinggi pada oatmeal ini dapat memperlancar sistem pencernaan dan juga mengatasi sembelit. Sehingga oatmeal mampu mengurangi ukuran pinggang Anda. Membiasakan diri sarapan dengan oatmeal setiap hari akan membantu mengontrol berat badan Anda.

2. Mencegah kanker
Sebuah penelitian di International Journal of Epidemiology menyarankan agar wanita mengonsumsi oatmeal secara rutin. Sebanyak 41% koresponden yang melakukan diet oatmeal ini mengaku telah merasakan manfaat oatmeal. Dalam studi tersebut diungkapkan pula bahwa ternyata oatmeal ini bisa mencegah kanker payudara lho. Serat tak larut pada oatmeal mampu menyerang sel-sel karsinogen dan menurunkan kadar hormon estrogen dalam tubuh, sehingga mencegah tubuh Anda dari perkembangan kanker.

3. Mengurangi Resiko Hipertensi
Kandungan serat larut air pada oatmeal ternyata mampu mengurangi resiko hipertensi. Sebuah studi merekomendasikan agar wanita menopause, yang cenderung mengalami tekanan darah tinggi, mengonsumsi 6 porsi oatmeal setiap minggu. Sedangkan bagi pria, makan semangkuk oatmeal per hari mampu menurunkan resiko gagal jantung.

4. Mencegah Osteoporosis
Makanan dari gandum juga mengandung komponen mineral yang penting untuk kesehatan tulang. Mengonsumsi oatmeal setiap hari bisa membantu Anda mencukupi kebutuhan mineral tulang, sehingga mencegah terjadinya osteoporosis.

5. Mencegah Stres
Saat sedang stress, kita seringkali tergoda dengan makanan yang manis dan mengandung gula. Padahal gula tidak baik jika dikonsumsi berlebihan. Sebenarnya tidak hanya gula, semua makanan yang mengandung karbohidrat mampu mencegah stres. Kandungan karbohidrat kompleks pada oatmeal dan roti gandum juga dapat memicu hormon serotonin pada otak, sehingga Anda akan merasa lebih rileks dan tenang. Namun, Anda perlu menghindari sajian oatmeal yang dijual secara instan karena mengandung berbagai zat adiktif yang malah akan berbahaya bagi tubuh Anda.