5 Makanan Ini Sebenarnya Tidak Sehat

5 Makanan Ini Sebenarnya Tidak Sehat

1. Sereal

Mungkin kita tidak asing dengan sejenis makanan ini.  Bahkan makanan ini seringkali mendapat gelar sereal “sehat”.  Tapi taukah anda? Makanan ini bisa menjadi makanan terburuk untuk memulai hari anda.  Sereal ini biasanya mengandung glukosa dan karbohidrat olahan yang cenderung membuat gemuk.

Memulai hari anda dengan sereal olahan akan meningkatkan kadar glukosa darah dan insulin.  Saat glukosa darah anda meningkat tajam dalam beberapa jam setelah makan, tubuh anda terangsang untuk memakan makanan karbohidrat olahan dengan glukosa tinggi.  Hal ini disebut sebagai efek “roller coaster” glukosa darah yang sering didapatkan pada orang dengan diet tinggi  karbohidrat.

Bacalah label dengan baik.  Sebagian besar sarapan sereal bahkan jika sereal tersebut diklaim rendah lemak atau gandum utuh pada kemasannya sereal tersebut telah ditambahkan.

Jika anda lapar pada pagi hari, sarapanlah dengan makanan yang mengandung protein di dalamnya (misalnya telur dan sayuran), dan hindarilah makanan olahan pabrik.  Jika anda benar-benar terpaksa sarapan sereal, carilah sereal yang tidak mengandung gula atau dengan kandungan gandum yang tinggi.

2. Roti Gandum

Gandum utuh seringkali direkomendasikan sebagai salah satu alternatif  makanan sehat untuk menggantikan gandum olahan.

Memang betul, gandum utuh memiliki ‘keburukan’ yang sangat rendah dibandingkan gandum olahan. Akan tetapi, kebanyakan makanan yang diklaim mengandung gandum utuh TIDAK benar-benar dibuat dari gandum utuh.  Memberikan label “gandum utuh” dalah salah satu teknik pemasaran.

Hampir tanpa pengecualian, biji-bijian yang telah diurai menjadi tepung yang sangat halus, akan menjadi sangat mudah dicerna dan meningkatkan gula darah secepat gandum olahan. Faktanya, roti gandum utuh memiliki indeks glikemik yang lebih tinggi dari pada roti putih biasa.

Roti gandum mengandung serat dan nutrisi sedikit lebih banyak dibandingkan roti lainnya.  Akan tetapi serat dan nutrisi ini tidak akan begitu berarti jika masuk ke dalam sistem pencernaan anda.

3.  Yogurt Rendah Lemak

Yogurt sering kali dianggap sebagai makanan sehat, dan memang yogurt adalah makanan sehat. Akan tetapi pada sebagian besar yogurt yang ditemukan di pasaran, diklaim sebagai yogurt rendah lemak yang sebenarnya telah melewati proses yang membuang banyak nutrisinya.

Ketika makanan olahan pabrik menghilangkan lemak dari makanan olahan mereka, maka rasa makanan olahan tersebut menjadi sangat tidak enak.  Itulah mengapa mereka akan menambahkan berbagai bahan untuk menggantikan kekurangan lemak tadi.

Yogurt biasanya ditambahkan gula, sirup jagung tinggi fruktosa atau beberapa jenis pemanis buatan. Beberapa studi menunjukkan bahwa lemak jenuh sebenarnya tidak terlalu merusak, jadi yogurt rendah lemak yang ada saat ini telah dihilangkan lemaknya dan digantikan dengan sesuatu yang lebih buruk untuk tubuh.

Tidak ada kejadian dimana produk susu berlemak menyebabkan obesitas.  Faktanya, satu studi menunjukkan bahwa orang-orang yang makan produk susu berlemak paling tinggi sekalipun hanya sedikit yang menjadi obes. Jadi, konsumsilah konsumsilah yogurt berlemak dan hindarilah yogurt rendah yang begitu menggoda.

4. Saus Salad

Sayuran sangatlah sehat.  Sayur mengandung zat gizi, antioksidan, dan serat terlarut.  Karena itulah, salad biasanya menjadi makanan yang sangat sehat.  Akan tetapi, banyak orang yang tidak menyukai rasa  sayuran yang tawar, sehingga mereka menambahkan saus ke salad.

Masalahnya, sebagian besar saus yang ada di pasaran terbuat dari bahan-bahan yang sangat buruk seperti minyak kacang kedelai dan sirup jagung tinggi fruktosa. Akan lebih baik jika anda membuat saus anda sendiri.  Minyak zaitun yang dimurnikan, cuka, dan beberapa bumbu akan menjadi pilihan yang jauh lebih sehat. Saus salad bisa menjadi sangat tinggi kalori dan begitu mudah jika kita ingin mengkonsumsinya dalam jumlah banyak.

5. Jus Buah

Jus buah seringkali dianggap sehat. Jus buah berasal dari buah bukan? Hmm, sebenarnya jus buah tidak selalu menyehatkan.  Kadang-kadang jus buah ditambahkan air gula.  Beberapa jus buah sebenarnya tidak mengandung buah sama sekali.  Jus buah tersebut mungkin saja mengandung air, gula dan bahan-bahan kimia yang mempunyai rasa seperti buah.

Sekalipun anda membuat sendiri jus tersebut, anda sebaiknya tidak meminumnya terlalu banyak. Masalahnya jus buah tersebut adalah  jus buah seperti halnya buah dengan  bahan bermanfaat yang telah banyak terbuang.

Buah utuh memang mengandung gula, akan tetapi gula ini terikat di dalam dinding sel fibrosa buah, yang akan memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah. Akan tetapi berbeda dengan jus buah.  Dalam jus buah tidak ada serat.  Tidak ada hambatan mengunyah dan tidak ada yang dapat menghentikan tubuh anda dalam menurunkan jumlah gula masif dalam waktu beberapa detik.  Satu cangkir jus jeruk mengandung hampir sebanyak gula pada dua buah jeruk utuh.

Inilah cara kempiskan perut buncit secara sehat dalam hitungan hari saja!

Gula yang terkandung dalam jus buah sebenarnya sangat mirip dengan  pemanis gula minuman pada minuman bersoda.Jadi, makanlah buah utuh, tetapi hindarilah jus buah jika anda sedang mencoba menurunkan berat badan.