5 Kiat Mudah Untuk Mendorong Metabolisme Anda

5 Kiat Mudah Untuk Mendorong Metabolisme Anda

DietCepatAlami.com – Anda mungkin sudah paham jika laju metabolisme berpengaruh dalam pembakaran lemak. Semakin cepat metabolisme Anda, makin cepat pula tubuh membakar lemak. Makanya, mereka yang metabolisme tubuhnya cepat umumnya tak mudah gemuk meski makan banyak.

Tapi, bagi Anda yang metabolismenya lambat tak perlu berkecil hati—masih ada jalan, kok! Simak saja kiat-kiat sederhana berikut untuk meningkatkan laju metabolisme Anda.

1. Jangan Cuma Duduk Diam

Image credit: medicalnewstoday.com

Image credit: medicalnewstoday.com

Kalau waktu Anda banyak dihabiskan untuk duduk di belakang meja, jangan cuma duduk diam di sana. Coba lakukan gerakan-gerakan kecil seperti menggeliat, menggoyang-goyangkan kaki, berdiri, atau mengunyah permen karet bebas gula.

Meski sepele, gerakan-gerakan ini mampu membakar kalori ekstra 300 sampai 2.000 kalori. Gerakan semacam ini dikenal dengan NEAT atau nonexercise activity thermogenesis yang menurut penelitian terbukti ampuh membakar kalori tambahan.

(Baca juga: 6 Kiat Menjaga Berat Badan Ideal Untuk Wanita yang Sibuk)

2. Konsumsi Teh Hijau secara Rutin

Image credit: livestrong.com

Image credit: livestrong.com

Teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang mampu meningkatkan metabolisme Anda. Menurut sejumlah studi, teh hijau dapat meningkatkan laju metabolisme sekitar 4-5%. Terlebih secangkir teh hijau tanpa gula hanya mengandung 2 kalori saja. Jadi, biasakan mengkonsumsi secangkir teh ini setiap hari.

(Baca juga: Ingin Langsing? Ini Alasan Anda Harus Mencoba Matcha!)

3. Minum Cukup Air Putih

Image credit: womansday.com

Image credit: womansday.com

Air tak hanya dapat melegakan rasa haus di kerongkongan Anda, lho. Siapa sangka bila minum air putih mampu menaikkan metabolisme Anda?

Menurut penelitian di Jerman, meneguk sekitar 250 ml air meningkatkan pembakaran kalori sampai 30 persen selama setidaknya 10 menit. Efeknya bahkan bisa berlangsung sampai lebih dari satu jam. Jadi, jangan lalai untuk meneguk air putih setidaknya 8 gelas per hari.

(Baca juga: Menurunkan Berat Badan Dengan Meminum Lebih Banyak Air)

4. Tambahkan Jus Lemon dalam Teh Anda

5 Alasan untuk Meminum Secangkir Air Lemon Hangat Setiap Pagi

Image credit: vemale.com

Jangan meremehkan khasiat buah yang satu ini. Lemon ternyata juga berkhasiat untuk meningkatkan metabolisme Anda. Tambahkan saja jus lemon segar ke dalam teh atau air minum Anda.

Selain kaya vitamin C, peneliti dari Arizona State University menemukan bahwa mereka yang kekurangan vitamin C saat berolahraga membakar kalori 25% lebih sedikit dibandingkan dengan individu yang mengkonsumsi cukup vitamin C.

(Baca juga: 5 Alasan untuk Meminum Secangkir Air Lemon Hangat Setiap Pagi)

5. Tertawalah!

Image credit: indianexpress.com

Image credit: indianexpress.com

Tertawa tak hanya membuat Anda merasa bahagia dan lebih sehat, tapi ini juga mampu membakar lebih banyak lemak di tubuh Anda. Sebuah studi yang diterbitkan di International Journal of Obesity mengungkapkan bahwa tertawa dapat memicu peningkatan dalam pembakaran kalori.

Penelitian lain menunjukkan bahwa tertawa selama 15 menit mampu membakar hingga 40 kalori. Nah, kini Anda punya alasan bagus untuk lebih banyak tertawa alih-alih cemberut, ‘kan?

 

Nah, cara-cara di atas sederhana, ‘kan? Mudah-mudahan Anda bisa membakar lebih banyak kalori dan menurunkan berat badan. Selamat mencoba!