5 Faktor Tak Lazim yang Membuat Berat Badan Anda Naik

DietCepatAlami.com – Pola makan kurang sehat, tinggi karbohidrat dan lemak  yang membuat asupan kalori Anda membengkak merupakan faktor umum yang bisa menimbulkan kegemukan, Tapi, ada pula faktor-faktor tak lazim yang membuat berat badan Anda naik tanpa disadari, lho.

Nah, agar terhindar dari kenaikan bobot tambahan yang tak diinginkan, yuk kenali beberapa faktor berikut dan cara mengatasinya!

1. Masalah Dengan Pasangan

Image credit: quotesgram.com

Image credit: quotesgram.com

Jangan biarkan drama pertengkaran dengan pasangan Anda terjadi berlarut-larut. Sebab, hal ini bisa membuat Anda lebih rentan terhadap kenaikan berat badan.

Sebuah studi terbaru menemukan bahwa pasangan yang suka bertengkar cenderung memiliki kadar hormon ghrelin — hormon yang menimbulkan rasa lapar — lebih tinggi dibandingkan pasangan yang lebih akur. Terlebih lagi, mereka juga lebih gampang memilih makanan yang kurang sehat.

Bila terjadi pertengkaran atau keributan dalam rumah tangga Anda, sebaiknya segera dinginkan kedua belah pihak. Bila perlu, mintalah bantuan konsultasi perkawinan.

(Baca juga: Kenali Penyebab Laten Kenapa Kamu Selalu Merasa Lapar)

2. Kelebihan Zat Besi

Image credit: newdaynonprofit.com

Image credit: newdaynonprofit.com

Daging merah seperti sapi atau kambing memang lezat disantap. Tapi, hati-hati dengan kandungan zat besinya. Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa jumlah zat besi pada daging merah bisa mengubah hormon pengatur rasa lapar dalam tubuh, memperlambat metabolisme dan menyebabkan Anda makan lebih banyak.

Ilmuwan meneliti 76 orang. Hasilnya, mereka yang mengkonsumsi lebih banyak zat besi memiliki kadar leptin yang lebih rendah dan mengkonsumsi lebih banyak kalori dibandingkan dengan mereka yang konsumsi zat besinya lebih rendah (kedua kelompok mengkonsumsi zat besi dalam batas normal).

Untuk itu, batasi asupan zat besi dari daging dan suplemen. Tapi, Anda tak perlu kuatir dengan sumber zat besi lainnya, seperti kacang-kacangan, polong-polongan, bayam, dan tomat. Sebab, tubuh menyerap lebih sedikit zat besi dari makanan ini dibandingkan dari daging.

(Baca juga: Tubuh Langsing Dengan Sarapan Kaya Protein)

3. Percaya Bahwa Kegemukan Itu Faktor Genetik

Image credit: womentowomen.com

Image credit: womentowomen.com

Apa Anda percaya bahwa faktor genetik memiliki peran yang signifikan dalam kegemukan? Jika iya, mungkin justru keyakinan Andalah yang menyebabkan tubuh Anda mengalami kenaikan berat badan.

Sebuah hasil yang menarik ditemukan dalam sebuah survei psikologi terhadap hampir 9 ribu orang pria dan wanita. Ternyata, semakin kuat kepercayaan seseorang bahwa gen mempengaruhi kegemukan, meraka semakin cenderung mengalami kenaikan berat badan. Kelompok ini juga lebih jarang olahraga dan memperhatikan pola makan.

Untuk mencegah berat badan Anda naik, milikilah kesadaran bahwa berat badan berada pada kontrol Anda. Dengan begitu, Anda cenderung untuk menerapkan pola diet yang lebih sehat, olahraga lebih rutin, dan memiliki indeks massa tubuh yang lebih kecil.

(Baca juga: 4 Tips Menimbang Bobot Tubuh Tanpa Kehilangan Rasa Percaya Diri)

4. “Makan Secukupnya”

Image credit: au.lifestyle.yahoo.com

Image credit: au.lifestyle.yahoo.com

Hal ini merupakan salah satu tips diet yang sering Anda dengar. Tapi, riset membuktikan bahwa aturan “makan secukupnya” justru bisa membuat berat badan Anda naik.

Peneliti dari University of Texas Health Science Center mengamati data dari 6.814 responden dari studi multi-etnis dan menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi jenis makanan yang berbeda-beda mengalami peningkatan lingkar pinggang hingga 120% dalam 3 tahun, dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi lebih sedikit jenis makanan.

Faktanya, orang-orang paling sehat dalam studi tersebut hanya mengkonsumsi beberapa jenis makanan sehat, seperti daging tanpa lemak, sayur, buah, kacang-kacangan, dan sereal utuh.

(Baca juga: 7 Kiat Cerdas Menikmati Makanan Sehat Dengan Anggaran Terbatas)

5. Tinggal Sendirian

Image credit: healthclues.com

Image credit: healthclues.com

TInggal sendirian ternyata juga mempengaruhi berat badan Anda, lho. Ini karena Anda yang tinggal dan hidup sendiri cenderung memilih makanan yang kurang sehat saat berbelanja di supermarket.

Peneliti dari Queensland University of Technology menganalisa 41 studi untuk mencari hubungan antara tinggal sendirian dan diet yang kurang sehat. Hasilnya, mereka yang tinggal sendiri lebih jarang makan buah, sayur, ikan, serta makannya kurang beragam.

Orang yang tinggal sendiri memang cenderung malas masak dan memperhatikan porsi makanan mereka. Nah, untuk Anda yang tinggal sendiri, yuk jangan malas masak makanan sehat!

(Baca juga: 5 Makanan Ini Sebenarnya Tidak Sehat)

Inilah cara kempiskan perut buncit secara sehat dalam hitungan hari saja!

Meski faktor di atas tidak lazim, Anda tetap harus hati-hati bila ingin mempertahankan berat badan ideal!