≡ Menu

Home » Tips Diet » 4 Tips Menimbang Bobot Tubuh Tanpa…

4 Tips Menimbang Bobot Tubuh Tanpa Kehilangan Rasa Percaya Diri

WSC

DietCepatAlami.com – Ada beragam cara untuk mengukur seberapa sehat Anda, seperti pengukuran indeks massa tubuh, biomarker dalam darah, serta yang paling mudah: timbangan badan. Yang terakhir disebutkan ini mungkin bikin Anda geregetan, apalagi kalau jarumnya menunjukkan kenaikan!

Sebuah studi terbaru yang diterbitkan pada Journal of Nutrition Education and Behavior mengungkapkan bahwa wanita yang sering menimbang tubuhnya cenderung mudah kepikiran dengan bobotnya, mempunyai imej tubuh yang negatif, bahkan rendah diri.

Jangan sampai sebuah timbangan mendikte Anda. Agar Anda bisa tetap pede di atas timbangan, jangan ragu untuk menjalankan tips berikut ini.

1. Cek Timbangan Maksimal Satu Kali Seminggu

Image credit: thebodydepartment.com

Image credit: thebodydepartment.com

Tubuh Anda takkan bertransformasi dalam sehari. Makanya, tak perlulah mengecek timbangan sering-sering. Bila Anda ingin menurunkan atau menaikkan berat badan, cukup timbang tubuh Anda seminggu atau dua minggu sekali.

Bila menimbang terlalu sering, perubahan yang timbul dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari siklus menstruasi sampai konsumsi garam. Selain itu, Anda juga akan cenderung terobsesi bila menimbang tubuh setiap hari.

2. Timbanglah Badan pada Rabu Pagi

Image credit: greatist.com

Image credit: greatist.com

Menurunkan setengah sampai satu kilogram dalam seminggu adalah target yang realistis. Tapi, bobot tubuh Anda terus berfluktuasi sepanjang hari. Fluktuasinya bahkan mencapai 1-2 kg!

Bila ingin melihat timbangan, lakukan pada Rabu pagi setelah Anda mandi. Sebuah studi di Finlandia menemukan bahwa fluktuasi bobot tubuh paling rendah terjadi pada pertengahan minggu.

3. Fokuslah pada Rentangan, Bukan Angka Pasti

Image credit: independentfemme.com

Image credit: independentfemme.com

Kita semua pasti punya angka favorit, yaitu angka di mana Anda merasa nyaman dan percaya diri dengan pakaian Anda, serta tidak merasa diperbudak diet. Dari angka favorit itu, beri diri sendiri “ruang” sekitar 2 kg di sekitar angka tersebut.

Jadi, bila Anda merasa nyaman ketika timbangan berada di angka 50, maka tak perlu kuatir bila skala timbangan mendekati 52. Masih normal, kok! Hal ini mampu membuat Anda terhindar dari perasaan emosional yang berlebihan ketika Anda terpaku pada angka yang spesifik.

4. Temukan Cara Lain Untuk Mengukur Progres

Image credit: essentialthingdevotions.com

Image credit: essentialthingdevotions.com

Jangan hanya terpaku pada angka di timbangan saja, manfaatkan juga beragam cara lain dalam mengukur progres diet Anda. Misalnya, seberapa pas pakaian favorit Anda dan bagaimana perasaan Anda adalah satu dari sejumlah cara untuk menaksir bobot Anda tanpa timbangan.

Gunakan strategi ini bersamaan dengan timbangan. Jika Anda sudah berusaha keras dan menyukai pasnya pakaian Anda, melangkah ke atas timbangan dapat membantu berapa angka favorit Anda. Sebaliknya, bila pakaian Anda agak mengetat, timbangan bisa membuat Anda lebih sadar dan kembali termotivasi untuk menurunkan berat badan.

(Baca juga: Cara Seru Mengetahui Diet Anda Sukses Tanpa Timbangan Badan)

Pilihan terbaik bagi Anda yang SERIUS Ingin Menurunkan Berat Badan & Menginginkan Tubuh Ideal!

Lewat kiat-kiat di atas, timbangan badan bakal menjadi teman setia tanpa membuat Anda kehilangan rasa percaya diri!