≡ Menu

Home » Tips Diet » 4 Tanda Anda Terobsesi dengan Angka…

4 Tanda Anda Terobsesi dengan Angka pada Timbangan Anda

WSC

DietCepatAlami.com – Timbangan hanyalah salah satu cara untuk mengukur progres diet Anda, ia bukan satu-satunya cara. Sayangnya, sebagian pelaku diet yang memiliki masalah berat badan membiarkan angka-angka itu mendikte bagaimana perasaan mereka terhadap tubuh dan diri mereka sendiri.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda menganggap timbangan sebagai alat bantu, atau sudah terobsesi terhadap angka yang tertera di sana? Lebih baik, kenali dulu tanda-tandanya, yuk!

1. Anda Menimbang Dua Kali Sehari

Image credit: flipboard.com

Image credit: flipboard.com

Beberapa studi menunjukkan bahwa menimbang dengan frekuensi yang cukup sering bisa membantu Anda menghindari kenaikan berat badan. Tapi, menimbang badan lebih dari sekali sehari agaknya terlalu berlebihan. Toh, Anda tidak mendapatkan tambahan informasi apapun dari angka yang tertera.

Lebih baik, timbanglah badan seminggu sekali dan catat angkanya untuk menemukan polanya. Berat badan Anda bisa berfluktuasi setiap hari, tergantung dari jumlah asupan makanan tertentu di hari sebelumnya, seperti garam dan air, sehingga menimbang terlalu sering tidaklah membantu.

2. Anda Terfokus pada Angka di Timbangan

Image credit; foxnews.com

Image credit: foxnews.com

Seperti yang sudah disinggung di awal, timbangan hanyalah salah satu cara untuk mengukur penurunan berat badan Anda. Padahal ada banyak hal yang tidak terukur oleh timbangan Anda.

Misalnya, lemak pada area perut Anda justru perlu lebih banyak perhatian, karena lemak inilah yang dapat meningkatkan risiko datangnya sejumlah penyakit kronis.

Gunakan pita pengukur dan sebuah benang untuk merekam lingkar pinggang Anda secara berkala. Bila angkanya tetap atau berkurang, berarti Anda tidak perlu terlalu kuatir.

3. Anda Terus Memikirkan Timbangan

Image credit: withings.com

Image credit: withings.com

Pelaku diet cenderung lebih kompulsif. Bila sudah terobsesi pada angka di timbangan, mereka akan terus-terusan memikirkan tentang kapan, di mana, dan bagaimana mereka menimbang bobotnya. Bila Anda mengalami hal seperti ini, saatnya untuk mengalihkan pikiran Anda kepada hal yang lainnya.

Bagaimanapun, riset menunjukkan bahwa penurunan berat badan yang baik adalah penurunan yang bertahap, bukan mendadak. Naik turunnya berat badan Anda hari ini hanya berpengaruh kecil terhadap kecenderungan bobot Anda ke arah yang sehat.

4. Anda Menghindari Timbangan Sama Sekali

Image credit: thebodydepartment.com

Image credit: thebodydepartment.com

Di sisi lain, melarikan diri dari timbangan juga bisa berpengaruh buruk terhadap progres diet Anda. “Saya memiliki pasien yang berhasil menurunkan berat badan hingga 30 kg dalam setahun, tapi lantas ia berhenti menimbang tubuhnya,” ujar Kristine Clark, PhD, RD, seorang asisten profesor gizi di Pennsylvania State University. “Terakhir kali, berat badannya naik lagi 10 kg.”

Coba tanyakan hal ini pada diri Anda sendiri: Apakah pakaian Anda terasa pas sesuai keinginan? Apakah Anda bisa berjalan sejauh satu kilometer tanpa kehabisan napas?

Bila jawabannya iya, mungkin Anda tidak perlu melangkah ke atas timbangan. Tapi bila jawabannya tidak, timbanglah bobot Anda setidaknya seminggu sekali. Ini bisa membantu Anda mencegah kenaikan berat badan yang tak diharapkan.

Pilihan terbaik bagi Anda yang SERIUS Ingin Menurunkan Berat Badan & Menginginkan Tubuh Ideal!

Nah, mudah-mudahan Anda tidak terobsesi dengan angka yang tertera di timbangan, ya. Jangan lupa membiasakan diri mengkonsumsi makanan sehat dan melakukan aktivitas fisik!