4 Kesalahan Saat Sarapan yang Membuatmu Sukar Menurunkan Berat Badan

DietCepatAlami.com – Banyak orang bilang sarapan itu penting banget. Soalnya, hidangan di pagi hari ini tak hanya menjadi energi utama untuk sehari, tapi juga bisa membantu mengaktifkan metabolisme tubuhmu.

Nah, kalau kamu mengalami kesulitan dalam menurunkan berat badan, bisa jadi kesalahan ada pada waktu sarapan. Simak baik-baik empat kesalahan saat sarapan berikut ini dan cara mengatasinya!

1. Kamu Melewatkannya untuk Memangkas Kalori

Image credit: health.com

Image credit: health.com

Melewatkan sarapan memang seringkali dilakukan oleh mereka yang sedang berdiet untuk memangkas asupan kalori. Tapi, hal ini seringkali justru berakhir sebagai jebakan, lho.

Peneliti dari Imperial College London menemukan bahwa ketika orang melewatkan sarapan, pusat rasa senang di otak lebih mudah terpicu ketika mereka melihat makanan yang tinggi kalori.

Ini berarti kamu bakal lebih sukar menolak godaan dari sepotong kue manis. Kamu pun jadi lebih mudah memilih junk food di hari tersebut.

Untuk mengatasinya, berkomitmenlah untuk mengkonsumsi sesuatu di pagi hari. Bila pagimu cukup sibuk, jangan ragu untuk mengambil sebuah apel atau sepotong energy bar yang mengandung buah dari kulkasmu.

2. Memilih Makanan Tinggi Kalori Untuk Energi

Image credit: au.lifestyle.yahoo.com

Image credit: au.lifestyle.yahoo.com

Suka makan sepotong kue manis seperti muffin atau cheesecake sebagai teman kopi di pagi hari? Hati-hati, sebab kue dan kopi tersebut mungkin mengandung gula tambahan yang seharusnya menjadi jatah buat sehari—bisa mencapai 44 gram!

Padahal menurut American Heart Association, wanita seharusnya cukup mengkonsumsi maksimal 24 gram gula tambahan dalam sehari, atau setara dengan 6 sendok teh.

Kamu memang gak perlu menghindari gula sepenuhnya bila perlu dorongan energi yang cepat. Tapi, alih-alih mengkonsumsi kue manis yang tinggi kandungan gulanya, lebih baik potong sedikit cokelat hitam dan campurkan ke dalam oatmeal-mu. Atau, buat smoothie dari buah-buahan atau potong-potong dan selipkan mereka ke cup yogurtmu.

3. Sarapan Sehat tapi Melupakan Sayur dan Buah

Image credit: womenshealthmag.com

Image credit: womenshealthmag.com

Kamu mungkin sudah berusaha sarapan sehat dengan nasi dan telur yang bergizi. Tapi, mungkin banget kamu jarang menyediakan buah dan sayuran segar di rumah untuk menu sarapan. Padahal, keduanya kaya akan serat yang membantu melancarkan pencernaan dan membuat kamu kenyang lebih lama, lho.

Setidaknya, siapkan satu sajian buah-buahan sebelum kamu berangkat beraktivitas. Kamu juga bisa memasukkan sayuran seperti sawi ke dalam omelet dan menambahkan sayuran hijau ke dalam smoothie buah favoritmu.

4. Sarapanmu Terlalu Irit

Image credit: eatthis.com

Image credit: eatthis.com

Banyak dari kita yang mengalami kesulitan dalam menyiapkan sarapan di pagi hari, terlebih bila diburu waktu untuk ngampus atau ke kantor. Padahal, sebaiknya asupan kalori paling banyak datang dari menu sarapanmu—tapi bukan sekadar kalori kosong dari gula, ya—sementara makan malam cukup sedikit saja.

Menurut penelitian, wanita dengan kelebihan berat badan yang mengkonsumsi sarapan lebih banyak dibandingkan makan malam cenderung mengalami penurunan ukuran pinggang lebih banyak dibanding yang pola makannya dibalik, bahkan meski total kalorinya yang dikonsumsi sama.

Makanya, pastikan kamu menikmati menu lengkap saat sarapan! Usahakan untuk memperoleh asupan protein, lemak sehat, dan karbohidrat kompleks di dalam menu sarapanmu. Misalnya, daripada cuma sarapan yogurt, lebih baik kamu menambahkan kacang-kacangan dan buah-buahan.

Inilah cara kempiskan perut buncit secara sehat dalam hitungan hari saja!

Yuk, saatnya menata ulang sarapanmu! Dengan begitu, kekeliruan di atas tak lagi terjadi dan kamu pun bisa melenggang dengan tubuh yang lebih ramping!