≡ Menu

Home » Tips Diet » 4 Penyebab Perut Buncit dan Cara…

4 Penyebab Perut Buncit dan Cara Mengatasinya

WSC

DietCepatAlami.com – Perut yang buncit seringkali menjadi masalah yang mengganggu penampilan kita. Tapi, ternyata penyebabnya gak hanya gara-gara kebanyakan makan saja, lho. Ada pula pemicu lainnya, seperti kehamilan, genetik, hingga masalah hormonal.

Setiap penyebab tentu punya cara yang berbeda untuk mengatasinya. Inilah empat penyebab perut buncit serta cara mengatasinya agar perut Anda kembali langsing!

1. Menopause

wikybrew.com

wikybrew.com

Sebelum mengalami menopause, banyak wanita yang menyimpan kelebihan lemak pada area bokong dan paha. Setelah menopause, tingkat estrogen menurun drastis, sehingga wanita lebih mudah menumpuk lemak di area perutnya.

Sementara, kadar hormon testosteron juga menurun. Ini membuat wanita kehilangan massa otot, sehingga metabolismenya pun ikut melambat. Selain itu, sel lemak juga memicu kortisol, hormon stres yang menimbulkan penyimpanan lemak di perut.

Untuk mendapatkan perut yang rata di usia 50 atau lebih, cobalah untuk melakukan olahraga tingkat menengah seperti berjalan kaki sembari membawa beban di tangan. Jaga denyut jantung antara 90-110. Cara ini membantu Anda membakar lemak di perut tanpa memicu kortisol.

2. Pasca-melahirkan

stylecraze.com

stylecraze.com

Ketika hamil, perut Anda melebar untuk memfasilitasi pertumbuhan janin. Tapi pasca-melahirkan, tak sedikit wanita yang mengeluh karena ukuran perutnya tak kembali seperti semula.

Hal ini sebagian terjadi karena pengaruh hormonal. Kehamilan meningkatkan kadar insulin yang menyebabkan lemak menumpuk di sekitar perut. Tapi, diastasis rekti juga sering terjadi, yaitu pemisahan otot abdominis akibat pelebaran uterus.

Senam kegel bisa membantu mengatasi masalah akibat diastasis rekti. Alternatif lain adalah yoga dan pernapasan untuk merangsang penguatan otot perut. Sementara, bila masalahnya bukan diastasis rekti, coba cek ke dokter apakah Anda mengalami resistensi insulin.

3. Faktor Genetis

techtimes.com

techtimes.com

Jika ada banyak anggota keluarga Anda yang memiliki perut buncit, bisa jadi masalah perut Anda terjadi karena faktor genetis. Faktor yang satu ini menyebabkan sekitar 50-60% kasus lemak perut dan kegemukan.

Genetik memang hal yang sukar diubah, tapi Anda bisa mengakalinya lewat diet dan olahraga. Hindari karbohidrat sederhana dan tambah asupan protein Anda. Yang penting, jangan pasrah menerima bentuk tubuh yang gemuk hanya karena orang tua Anda juga demikian.

4. Kembung

mirror.co.uk

mirror.co.uk

Lemak bukan hanya satu-satunya masalah yang mendera perut Anda. Gas dan retensi cairan di dalam tubuh juga patut Anda perhatikan. Sebab, ini juga membuat perut Anda tampak buncit dan tak nyaman.

Penyebab kembung pun bermacam-macam. Beberapa orang mengalami kembung gara-gara makanan tertentu, sementara yang lain mungkin memiliki alergi atau gangguan seperti irritable bowel syndrom (IBS).

Untuk mengatasi kembung, coba kurangi konsumsi protein hewani secara bertahap, sembari menambah asupan buah dan sayuran. Jangan lupa konsumsi air putih yang cukup.

Pilihan terbaik bagi Anda yang SERIUS Ingin Menurunkan Berat Badan & Menginginkan Tubuh Ideal!

Nah, ternyata perut buncit ada banyak penyebabnya. Setelah mengetahui sebab dan cara mengatasinya, mudah-mudahan usaha Anda memiliki perut yang langsing menjadi semakin lancar!