≡ Menu

Home » Diet Sehat » 3 Kesalahan Diet dan Solusinya

3 Kesalahan Diet dan Solusinya

WSC

Kesalahan Diet dan SolusinyaBanyak orang yang mati-matian melakukan diet, tapi tanpa mereka sadari telah melakukan kesalahan dalam program dietnya. Hal ini mengakibatkan badan malah kembali gemuk, bahkan dua kali lipat. Berikut ini beberapa kesalahan yang bisa mengganggu program diet Anda, serta solusi untuk mengatasi masalah tersebut:

1. Melewatkan Waktu Makan

Banyak yang berpikir jika makan hanya sekali sehari maka berat badan akan turun. Kesalahan diet ini paling banyak dilakukan. Ada yang melewatkan waktu sarapan, makan hanya siang hari atau malam saja. Padahal faktanya adalah tubuh gemuk akan bereaksi terhadap kondisi kelaparan dengan mengaktifkan mode “bertahan hidup”. Tubuh secara otomatis akan menurunkan tingkat metabolisme dan meningkatkan sistem “fat-storingenzymes”. Tubuh akan cenderung menyimpan cadangan makanan ke dalam sel lemak dan pembakaran lemak menjadi terhambat. Ini terjadi sebagai bentuk pertahanan tubuh agar tidak kelaparan. Cadangan makanan yang di simpan dalam sel lemak tersebut nantinya akan dipakai untuk menghasilkan energi. Jika diet seperti ini terus dilakukan maka bukan lemak yang berkurang melainkan massa otot Anda.

Solusi :
Diet yang sehat tidak menganjurkan Anda untuk mengurangi waktu makan, tetapi malah menambah frekuensi makan. Makan 5 sampai 6 kali sehari dengan makanan sehat dalam porsi kecil terbukti lebih efektif meningkatkan metabolisme tubuh. Ketika metabolisme tubuh meningkat, pembakaran lemak pun meningkat. Asupan makanan yang lebih sering masuk ke tubuh ini membuat tubuh tidak perlu lagi menyimpan cadangan energi untuk “survive”. Kebiasaan ngemil snack juga akan berkurang, massa otot pun terjaga.

Lalu bagaimana dengan mereka yang tidak punya waktu makan 5 sampai 6 kali sehari karena kesibukan?

Anda bisa mengganti makanan dengan suplemen (meal replacement). Cara ini sangat mudah, tepat dan cepat karena hanya butuh waktu 1-2 menit saja melakukannya. Suplemen pengganti makanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan nutrisi makro dan mikro. Anda pun lebih gampang mengontrol jumlah kalori yang masuk ke tubuh.

2. Hanya Fokus Menurunkan Berat Badan Saja

Kebanyakan orang yang mengalami kegemukan berharap bisa menjadi langsing dengan dalam waktu singkat. Mungkin Anda salah satunya? Sebenarnya Anda tidak salah jika menginginkan berat badan Anda turun dengan cepat, hanya saja efek samping karena kehilangan berat badan drastis pasti ada. Tubuh kita disusun oleh tulang, otot, lemak dan air. Orang yang berat badannya turun dengan cepat bukan karena pembakaran lemaknya berhasil, tapi karena pengurangan massa ototnya yang tinggi. Faktanya, tubuh kita butuh waktu yang lama untuk mengurangi lemak yang terimbun.

Coba Anda pikirkan, berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mencapai berat badan Anda sekarang? Orang yang mengalami kegemukan rata-rata berat badannya naik 1-3 kg per bulan, artinya itu pula lah waktu yang ia butuhkan untuk menyimpan lemak. Jadi untuk mengurangi lemak, juga butuh waktu yang sama saat menyimpan lemak. Berat badan yang turun dengan cepat akan berpotensi naik dengan cepat pula, keadaan ini biasa disebut diet yoyo.

Solusi :
Sebaiknya Anda fokus untuk mengurangi lemak tubuh, bukan sekedar menurunkan berat badan. Pengurangan berat badan yang baik adalah ketika dalam seminggu berat badan Anda turun maksimal 1% dari berat total Anda.

3. Diet Hanya Menggunakan Satu Cara

Ada yang diet hanya dengan olahraga saja tanpa mengatur asupan kalori yang masuk ke tubuh, ada juga yang sebaliknya. Diet dengan satu cara saja tidak akan efektif mengurangi berat badan Anda. Pada awalnya mungkin berhasil, tapi hanya sementara.

Pilihan terbaik bagi Anda yang SERIUS Ingin Menurunkan Berat Badan & Menginginkan Tubuh Ideal!

Solusi :
Lebih baik jika Anda mengubah gaya hidup. Tidak hanya diet tetapi juga memulai kebiasaan baru yang lebih sehat. Diantaranya, mengurangi jumlah kalori yang masuk ke tubuh, memilih jenis makanan, olahraga teratur dan bisa pula dibantu dengan mengkonsumsi suplemen.