3 Cara Paling Mudah dan Murah Untuk Menurunkan Berat Badan

DietCepatAlami.com – Berapakah target berat badan yang menjadi resolusi Anda di awal tahun? Sudahkah Anda mencapainya, atau mungkin sekadar mengalami kemajuan? Ada begitu banyak pola diet di luar sana, mulai dari yang biasa hingga sejumlah cara diet yang tak wajar.

Tapi, sebelum Anda mengeluarkan uang dan tenaga untuk diet yang akhirnya sia-sia, sebenarnya ada beberapa cara sangat mudah dan murah yang bisa Anda lakukan untuk menghalau tambahan kilogram pada timbangan Anda. Tidak percaya? Silakan coba sendiri!

(Baca juga: 6 Diet Paling Aneh yang Dilakukan di Zaman Modern)

Minum Lebih Banyak Air Putih

Image credit: chatelaine.com

Image credit: chatelaine.com

Anda tentu sudah memahami seberapa penting peran air putih bagi kesehatan. Buat Anda yang tengah berusaha menurunkan berat badan, air putih justru lebih penting lagi. Minuman sederhana ini tak hanya membuat tubuh terhidrasi sehingga mampu membuat metabolisme tubuh lebih lancar, tapi juga mencegah Anda dari makan yang berlebihan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal Obesity menemukan bahwa orang dewasa obesitas yang meminum 450 ml air sebelum makan selama 12 minggu berat badannya berkurang lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak minum air sebelum makan. Semakin banyak air yang diminum, semakin banyak pula berat badan yang dipangkas.

Sedikit tips konsumsi air putih: Selain minum air sebelum makan, teguk juga segelas air setelah makan dan ngemil. Minum segelas air saat bangun tidur (bisa ditambah perasan lemon segar), dan pastikan Anda tidak kehausan saat olahraga. Kalau bosan, coba infused water.

(Baca juga: Menurunkan Berat Badan Dengan Meminum Lebih Banyak Air)

Tidur yang Cukup

Image credit; netdoctor.co.uk

Image credit; netdoctor.co.uk

Kalau Anda adalah salah satu dari sekian banyak orang yang mengira bahwa tidur itu cukup 5 jam saja (atau kurang), coba pikir kembali. Mayoritas orang dewasa membutuhkan waktu tidur antara 7-9 jam sehari.

Menurut National Sleep Foundation di AS, kurang tidur bisa menyebabkan kerugian hingga 66 milyar dolar karena tambahan biaya kesehatan, turunnya produktivitas, dan sebab lainnya. Selain itu, sebuah studi juga mengungkapkan bahwa bahkan kurang tidur 30 menit saja bisa meningkatkan risiko resistensi insulin dan obesitas.

Punya masalah sulit tidur? Coba hindari menatap layar elektronik setidaknya satu jam sebelum tidur. Pastikan juga kamar tidur Anda cukup gelap dan dingin. Istirahat yang cukup sangatlah penting untuk kesehatan Anda.

(Baca juga: Benarkah Kurang Tidur Bikin Gemuk?)

Kurangi Menonton Televisi

Image credit: optimisman.com

Image credit: optimisman.com

Sejumlah studi mengindikasikan bahwa terlalu banyak duduk di depan televisi meningkatkan risiko kelebihan berat badan dan obesitas. Hal ini sangat masuk akal, mengingat tubuh Anda cenderung tidak aktif. Belum lagi ditambah dengan kecenderungan untuk ngemil di depan TV.

Anda tidak perlu menghindari tayangan favorit Anda, tapi Anda cukup memilah mana yang benar-benar Anda senangi dan mengabaikan tontonan yang kurang penting. Daripada menjadikan menonton televisi sebagai kebiasaan Anda, cobalah untuk melakukan kebiasaan baru yang membuat tubuh Anda lebih aktif, misalnya yoga di rumah.

(Baca juga: Ini Nih Kebiasaan-Kebiasaan Sepele yang Membuatmu Cepat Gendut!)

Rahasia Perut Ramping DLM 5 DETIK

Solusi terbaik dan tercepat untuk anda yang menginginkan bentuk perut dan pinggang yang seksi. Anda tampil langsing dalam sekejap. SELENGKAPNYA DI SINI

Dengan memperhatikan tiga hal di atas, berat badan Anda pasti bakal turun lebih cepat. Solusi yang lebih murah daripada sedot lemak, bukan? Selamat mencoba!