≡ Menu

Home » Diet Sehat » 10 Tips Diet Makan Mudah dan Sehat

10 Tips Diet Makan Mudah dan Sehat

WSC

10 Tips Diet Makan Mudah dan SehatDietCepatAlami.com – Anda suka makan kentang goreng, tapi anda ingin diet? Atau anda senang mengemil tapi anda ingin diet? Berikut adalah 10 tips diet yang menyenangkan bagi anda.

#1 – Minum banyak air putih atau minuman bebas kalori lainnya

Sebelum anda mencomot kentang goreng favorit anda, minumlah air putih sebelumnya.  Kadang-kadang kita tidak bisa membedakan antara haus dan lapar. Ketika anda meminum segelas air, anda akan merasa kenyang.  Kalori berlebihan pun akan jauh dari anda.

#2 – Tutuplah dapur anda setelah waktu makan malam

Makan terus-menerus dan tanpa henti seringkali terjadi setelah makan malam, saat anda akhirnya dapat beristirahat dari segala aktivitas. Saat itu anda dapat duduk dengan tenang di depan televisi. Mengemil sambil menonton televisi seringkali merusak diet anda.  Bagaimana diet anda bisa berlanjut? Tutuplah dapur anda setelah waktu makan malam.  Atau jika ingin mengemil, makanlah kue rendah kalori atau es krim rendah lemak.

#3 – Makanlah dengan porsi kecil beberapa kali sehari

Jika anda makan dengan jumlah kalori lebih sedikit daripada yang ingin anda bakar, maka berat badan anda akan turun.  Penelitian membuktikan bahwa orang yang makan 4-5 kali perhari, dapat dengan mudah mengontrol berat badannya.

#4 – Selalu sertakan protein dalam diet anda

Protein lebih mengenyangkan dibandingkan karbohidrat.  Protein membantu membentuk otot dan membantu pembakaran lemak.  Jadi pastikan anda mengkosumsi protein sehat seperti pada seafood, daging rendah lemak, putih telur, yogurt, keju, kedelai, atau kacang-kacangan dalam makanan dan kudapan anda.

#5 – Sediakanlah selalu kudapan dan makanan siap makan dalam kulkas anda

Dengan begitu anda tidak perlu memesan pizza atau burger di luar sana.  Anda bisa mendapatkan makanan sehat hanya dalam 10 menit.  Isilah kulkas anda dengan makanan sehat seperti buah beku, pasta gandum utuh, keju rendah lemak, tomat kalengan, kacang-kacangan kalengan, dada ayam siap panggang, tortilla gandum utuh dan beberapa kantong salad sayuran dan buah.

#6 – Biasakanlah sarapan

Ada yang beranggapan bahwa salah satu cara cepat menurunkan berat badan adalah melewatkan sarapan.  Ternyata banyak penelitian yang membuktikan sebaliknya.  Tidak sarapan akan membuat anda sangat lapar, sehinggga anda akan cenderung makan dalam porsi besar saat siang dan malam hari.  Untuk menurunkan berat badan, sarapanlah dengan makanan sehat seperti sereal berserat tinggi, susu rendah lemak dan buah.

#7 – Sertakan serat diet anda

Serat membantu pencernaan, mencegah konstipasi, dan menurunkan kolesterol.  Untuk mendapatkan manfaat serat yang sesungguhnya seorang wanita harus mengkonsumsi sekitar 25 gram serat dalam sehari, sementara pria membutuhkan sekitar 38 gram serat dalam sehari.  Sumber serat yang baik termasuk oatmeal, kacang-kacangan, makanan yang mengandung gandum utuh, dan berbagai buah atau sayuran.

#8 – Singkirkan makanan berlemak dari lemari anda

Jika anda menyimpan keripik di dapur dan es krim di dalam kulkas, maka anda akan kesulitan menurunkan berat badan.  Lalu apa solusinya? Jika ingin makan es krim dan kerupuk kentang kesukaan anda, pastikan bahwa anda harus keluar rumah untuk mendapatkannya.

#9 – Timbanglah berat badan anda setiap minggu

Orang-orang yag menimbang berat badan secara berkala memiliki kecenderungan keberhasilan dalam menurunkan berat badan.  Akan tetapi para ahli menyarankan anda untuk menimbang berat badan sekali seminggu, sehingga akan tidak bingung dengan fluktuasi berat badan harian anda.  Saat menimbang berat badan, ikuti tips berikut : timbanglah berat badan anda di waktu yang sama setiap harinya, di hari yang sama setiap minggunya, pada timbangan yang sama, dan dengan pakaian yang sama.

#10 – Makanlah lebih banyak sayuran dan buah

Pilihan terbaik bagi Anda yang SERIUS Ingin Menurunkan Berat Badan & Menginginkan Tubuh Ideal!

Inilah cara diet terbaik.  Jika anda makan lebih baik buah dan sayuran, akan tidak akan merasa lapar, karena makanan kaya nutrisi ini juga mengandung banyak serat dan air, yang akan membuat anda merasa kenyang.  Selamat diet dan selamat makan.