≡ Menu

Home » Tips Diet » 10 Panduan Mudah dan Efektif Untuk…

10 Panduan Mudah dan Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan

WSC
10 Panduan Mudah dan Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan

Image credit : www.prosesdetox.com

DietCepatAlami.com – Mungkin selama ini kamu sering merasa termotivasi dengan keberhasilan teman-temanmu menjalankan diet untuk menurunkan berat badan. Namun saat kamu mencoba untuk mempraktikkannya, tak jarang kamu gagal dan menyerah.

Jika kamu sudah mengalami kegagalan berkali-kali dalam berdiet, mungkin ada beberapa hal sepele yang juga penting tapi kamu lewatkan begitu saja. Berikut ini adalah 10 panduan dasar mudah yang harus kamu terapkan selama melakukan diet.

1. Tahan Hasratmu untuk Ngemil

Stop ngemil

Stop ngemil via www.pkh.ru

Nyemil berbagai macam jenis snack memang sangat tidak disarankan bagi semua orang yang sedang berniat untuk menurunkan berat badan. Nyemil adalah penyebab nomor satu yang membuat dietmu gagal.

Sekali kamu nyemil, kemungkinan besar kamu akan terus nyemil, nyemil, dan nyemil tanpa bisa berhenti. Ini disebabkan karena snack-snack ringan tersebut memang nggak bersifat mengenyangkan. Lagi pula, hampir semua snack yang ada di toko-toko itu mengandung banyak sekali gula dan kalori yang sangat tinggi.

Kalau kamu memang belum bisau untuk berhenti nyemil, kamu bisa kok menyiasatinya dengan cara nyemil makanan yang sehat. Supaya lebih terjaga, nyemil saja buah-buahan yang sudah jelas nggak akan bikin kamu gendut

2. Jangan Minum Minuman Berkalori

hindari minuman berkalori

hindari minuman berkalori via www.naturallydowntoearth.com

Selain nyemil snack, minuman-minuman yang mengandung banyak gula dan kalori juga salah satu faktor penyebab diet gagal total. Permasalahan dari minuman ini sama persis dengan nyemil, yaitu terlalu banyak kalori yang terkandung di dalamnya.

Minuman berkalori yang dimaksud adalah minuman berenergi dan juga minuman soda. Minuman seperti ini mengandung gula yang tinggi sekali, dan juga tak isa membuatmu kenyang sama sekali. Jika kamu bukan seorang atlet atau pekerja fisik, lebih baik hindarilah minuman berenergi ini karena pada dasarnya kamu tidak begitu memerukannya. Cukup minum air putih dan jus buah yang cukup bisa membuatmu kenyang.

3. Batasi Makan Hanya 3x dalam Sehari

Makan 3x sehari

Makan 3x sehari via www.feminis.ro

Biasakan untuk tetap rutin makan sehari sebanyak tiga kali, yakni sarapan, makan siang, dan makan malam. Metode seperti ini jauh lebih efektif membuatmu kenyang sehingga kamu nggak akan tertarik untuk nyemil lagi.

Ada tips yang menyebutkan bahwa lebih baik kamu sering makan namun dengan jumlah porsi yang sedikit. Namun cara ini sangat riskan dan dapat membuatmu tergoda untuk makan lebih banyak dan asupan kalori yang kamu makan nggak akan terkontrol.

4. Makan Perlahan-lahan, dan Berhentilah saat Hampir Kenyang

Makan perlahan-lahan

Makan perlahan-lahan via www.aktin.cz

Sampai sekarang masih banyak dari kita yang salah menarik kesimpulan mengenai diet. Masih banyak yang menganggap bahwa semakin sedikit kita makan, maka akan semakin turun berat badan kita.

Mungkin badanmu bisa saja turun, tapi teknik tersebut sangatlah tidak menyenangkan dan bisa membebanimu karena kamu harus kelaparan sepanjang masa.

Akan lebih tepat dan efektif apabila yang kamu terapkan adalah makan perlahan-lahan. Makan perlahan-lahan di sini maksudnya adalah mengunyah lebih banyak dan nggak terburu-buru. Dan berhentilah makan apabila kamu sudah cukup merasa kenyang dan puas.

5. Perbanyak Konsumsi Protein

Perbanyak protein

Perbanyak protein via www.fashup.pk

Konsumsilah lebih banyak lagi protein di dalam setiap menu makananmu. Protein memiliki beberapa manfaat penting yang sangat dibutuhkan oleh manusia, yaitu dapat membuatmu kenyang lebih lama, memperlancar metabolisme, dan membantu memelihara dan membentuk otot sehingga penyimpanan lemak dalam tubuh yang berlebihan dapat berkurang.

Dari hasil penelitian para ilmuwan, menyebutkan bahwa protein memang dapat membantu menurunkan berat badan. Oleh sebab itu, perbanyak porsi dari protein daripada karbohidrat dan sumber kalori lainnya.

6. Konsumsi Makanan Berserat yang Bikin Cepat Kenyang

Makan makanan cepat kenyang

Makan makanan cepat kenyang via www.gunosy.com

Rasa lapar akan selalu menjadi momok dan menghantuimu. Jika kamu sering merasa lapar, maka ada yang salah dengan asupan makanan yang kamu konsumsi. Kalau perut sudah lapar, maka godaan untuk makan akan jadi lebh berlipat ganda.

Maka dari itu, selalu fokuskan pada makanan yang dapat memberikan efek kenyang lebih lama, yaitu seperti sayur mayur hijau dan buah-buahan berserat tinggi, susu rendah lemak, dan umbi-umbian.

7. Kurangi Konsumsi Gula

Kurangi konsumsi gula

Kurangi konsumsi gula via www.theguardian.com

Hilangkan kebiasaanmu mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula terlalu banyak. Gula yang banyak sama saja dengan kalori yang tinggi sehingga efeknya adalah justru membuatmu semakin gendut. Dan apa yang kau lakukan pada poin 6 di atas akan sia-sia saja.

Batasi konsumsi gula harianmu. Setiap kali hendak minum teh, kopi atau yang lainnya, usahakan untuk mengurangi takaran gula. Dan hindari minuman-minuman instan, soda, dan berenergi lainnya karena produk minuman tersebut adalah gudangnya gula.

8. Jangan Buat Dietmu Menjadi Beban Hidupmu

Jangan Jangan jadi beban

Jangan Jangan jadi beban via www.mundoboaforma.com.br

Sebelum memulai diet, pastikan itu didasari oleh pengetahuan, niat, keinginan, tujuan, dan motivasi yang baik dan tepat. Ini penting, jika kamu hanya sekadar ikut-ikutan tanpa niat yang kuat, kamu tak akan pernah bisa berhasil dan diet selamanya akan menjadi hal yang menyeramkan bahkan menyiksa.

Buatlah dietmu jadi lebih ramah dan menyenangkan bagi dirimu sendiri. Jangan jadikan ini sebagai beban hidup yang malah jadinya membuatmu tertekan hingga kondisi badan drop. Jika mindsetmu sudah benar, maka diet akan jadi hal yang mudah dan membawa kebaikan untuk hidupmu.

Pilihan terbaik bagi Anda yang SERIUS Ingin Menurunkan Berat Badan & Menginginkan Tubuh Ideal!

Itulah tadi 8 panduan dasar yang wajib untuk kamu tekuni. Jika aturan dasar ini tidak bisa kamu tekuni, sudah bisa dipastikan dietmu akan gagal di tengah jalan. Sebelum memulainya, persiapkan mentalmu dulu ya!