10 Langkah Mempercepat Metabolisme Dalam Satu Hari

DietCepatAlami.com – Metabolisme merupakan salah satu kunci utama untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan. Semakin cepat laju metabolisme Anda, semakin banyak pula jumlah kalori yang dibakar setiap harinya.

Merasa metabolisme tubuh Anda lambat? Anda bisa meningkatkannya lewat langkah-langkah sederhana yang dilakukan dalam satu hari Anda.

Pukul 6 Pagi: Nikmati Sinar Mentari

Image credit: chrissybradysmith.com

Image credit: chrissybradysmith.com

Bangunlah dan nikmati sinar matahari pagi di luar rumah. Paparan sinar matahari pagi tak hanya membuat Anda terjaga dari kantuk, tapi juga dapat menjaga Anda tetap langsing, menurut riset dari Northwestern University.

Cahaya pagi membantu mengatur jam biologis Anda, yang merupakan kunci dari setiap sistem di tubuh, termasuk metabolisme.

Pukul 7 Pagi: Naikkan Intensitas Aktivitas Fisik Anda

Image credit: slimshortcut.com

Image credit: slimshortcut.com

Penelitian mengungkapkan bahwa olahraga yang bersemangat bisa membantu membakar hampir 200 kalori lebih banyak dalam 14 jam setelahnya. Jadi, jangan ragu untuk menggerakkan tubuh Anda di pagi hari. Kalau waktu Anda sempit, lakukan olahraga singkat yang memiliki intensitas tinggi.

Pukul 8 Pagi: Konsumsi Protein

Image credit: buzzit.no

Image credit: buzzit.no

Daripada mengkonsumsi banyak karbohidrat waktu sarapan, lebih baik gantilah dengan lebih banyak protein. Pada wanita muda yang mengalami kegemukan, mereka yang sarapan lebih banyak protein (30 gram) memiliki kontrol glikemik yang lebih baik dibandingkan yang sedikit (12 gram).

Untuk itu, telur dan Greek yogurt bisa menjadi pilihan Anda karena kandungan proteinnya yang tinggi.

Pukul 9 Pagi: Seduh Teh

Image credit: inspiyr.com

Image credit: inspiyr.com

Alih-alih minum kopi, menikmati seduhan teh di pagi hari terbukti membantu tubuh Anda membakar lemak dan 100 kalori tambahan sepanjang hari. Hal ini karena kombinasi antioksidan sehat katekin dan kafein di dalam teh yang mampu menaikkan laju metabolisme.

Pukul 10 Pagi: Berdirilah Lebih Sering

Image credit: medicalnewstoday.com

Image credit: medicalnewstoday.com

Kurangi duduk saat bekerja dan perbanyak posisi berdiri. Berdasarkan studi pada Journal of Physical Activity & Health, cara ini mampu membakar lebih banyak kalori pada wanita muda. Saat duduk, Anda hanya membakar 1,02 kalori per menit, sementara saat berdiri mencapai 1,36 kalori per menit.

Pukul 12 Siang: Hindari Minuman Dengan Pemanis Buatan

Hindari minumasn soda

Image credit: roro44.net

Meski mengandung nol kalori, minuman yang mengandung pemanis buatan seperti soda diet dapat mengganggu respon metabolik normal tubuh terhadap gula. Meski masih diperdebatkan, minuman semacam ini ditemukan berhubungan dengan kenaikan berat badan dan sindrom metabolik.

Sindrom metabolik adalah salah satu faktor risiko bagi penyakit jantung dan diabetes. Jadi, lebih baik konsumsi air putih atau infused water saja!

Pukul 3 Sore: Nikmati Sedikit Cokelat

telegraph.co.uk

Image credit: telegraph.co.uk

Biar tak tergoda dengan cemilan yang dimakan rekan sekantor Anda, tidak ada salahnya menikmati 1-2 potong cokelat hitam yang berkualitas baik. Dalam studi yang dilakukan oleh peneliti dari Jerman dan Swiss, partisipan diminta mengkonsumsi cokelat hitam setiap hari selama dua minggu.

Hasilnya, dibandingkan yang melakukan diet tanpa konsumsi cokelat, tingkat hormon stres mereka lebih rendah dan metabolismenya lebih teratur. Ini karena stres bisa mengacaukan metabolisme Anda. Selain itu, flavonoid dalam cokelat juga berperan dalam mengatur metabolisme.

Pukul 5 Sore: Tertawalah!

Image credit: indianexpress.com

Image credit: indianexpress.com

Mengingat hari sudah hampir berakhir, nikmatilah canda tawa dengan rekan sekantor menjelang pulang. Tertawa itu ibarat olahraga, 10 menit tertawa membantu Anda membakar 10-20% kalori lebih banyak dibandingkan kalau Anda cemberut saja. Ini sama dengan membakar sekitar 10-40 kalori.

Tak cuma itu, peneliti juga menganggap bahwa tertawa itu dapat membantu kesehatan jantung Anda.

Pukul 8 Malam: Rilekskan Pikiran

Image credit: lifedaily.com

Image credit: lifedaily.com

Setelah lelah seharian bekerja, kini saatnya menikmati hal-hal yang membuat Anda rileks. Baik itu membaca buku, bercinta, yoga, atau melihat tingkah laku hewan yang lucu-lucu di internet—terserah bagaimana Anda melakukannya.

Menurut riset pada tahun 2014, wanita yang tingkat stresnya lebih tinggi memiliki metabolisme yang lebih lambat dan membakar lebih sedikit lemak. Perbedaannya hampir 100 kalori, lho.

Pukul 10 Malam: Bersiaplah Untuk Tidur

Image credit; netdoctor.co.uk

Image credit; netdoctor.co.uk

To-do list Anda hari itu mungkin belum habis, tapi ini waktunya mempersiapkan tubuh dan pikiran untuk tidur. Sebab, kurang tidur bisa mengacaukan metabolisme tubuh Anda.

Orang dewasa yang tidur sebanyak 9 jam sehari umumnya memiliki metabolisme yang lebih sehat, lebih minim keinginan untuk konsumsi makanan manis dan asin, serta tidak mudah lapar dibandingkan dengan orang yang hanya tidur selama 4 jam.

Inilah cara kempiskan perut buncit secara sehat dalam hitungan hari saja!

Nah, bila Anda berhasil menjadikan langkah-langkah ini sebagai kebiasaan, dijamin tubuh Anda akan lebih langsing lebih cepat. Selamat mencoba!